Private automatic branch exchange atau disingkat dengan PABX merupakan salah satu sistem jaringan pada telepon, yang biasanya digunakan untuk penyambungan internal telepon di sebuah perusahaan. Perangkat PABX murah ini sendiri berperan penting untuk mengatur seluruh panggilan yang masuk ke telepon, dan nantinya akan diteruskan langsung ke nomor tujuan yang hendak dihubungi. Teknologi ini sangatlah penting apalagi untuk perusahaan yang sudah menunjukkan tanda bahwa PABX dibutuhkan, seperti terganggunya komunikasi akibat pengaturan line telepon yang tidak jelas. Mudah sekali, bukan?

Dalam PABX ini terdapat setidaknya beberapa layanan dasar IP yang makin mempermudah pelanggan ketika

omniswitch
omniswitch

menggunakan perangkat satu ini, berikut adalah beberapa diantaranya dikutip dari routerlink:

  1. Support LAN system, merupakan bagian dalam IP PABX yang berguna untuk mengoneksikan jaringan telepon dan jaringan komputer atau biasa disebut dengan LAN. Biasanya, pengoneksian ini melalui fitur fast ethernet card yang umumnya mempunyai badwith mulai dari 10 sampai dengan 100 Mbps.
  2. Support analog system, adalah IP jenis lain yang terdapat dalam PABX yang berperan penting untuk meningkatkan kemampuan sistem jaringan pada telepon tipe analog. Adanya IP tipe ini dapat membuat telepon analog pun bekerja dengan sempurna tanpa ada gangguan.
  3. Voice over Internet Protocol, ialah sentral IP pada PABX yang memiliki peranan menghubungkan sistem jaringan internet dari handphone yang dihubungkan ke personal computer atau kalau istilah sekarang namanya tethering.
  4. Billing system, di dalam PABX terdapat yang namanya billing system. Dimana, perangkat ini memberikan kemudahan pengguna melihat data dari panggilan telepon yang masuk maupun keluar. Tentu, ini sangat berguna jika pengguna tidak bisa mengangkat telepon dari pengguna lain, yang mana nantinya akan langsung tertera di dalam billyng system
  5. Direct Inward Dialing, perangkat pada PABX dimana pengguna dapat menghubungi langsung nomor tujuan tanpa harus menghubungkannya terlebih dahulu dengan operator. Dengan begini, tentu saja akan semakin mempermudah pengguna ketika memakainya.

Selain perangkat yang sudah dituliskan, dalam PABX pun masih ada IP lain seperti Group Hunting, Automatic Call Distribution, Integrated Service Digital Network, Call Center, dan sebagainya. –SH–

mediaINTERNETTEKNOlan system,pabxPrivate automatic branch exchange atau disingkat dengan PABX merupakan salah satu sistem jaringan pada telepon, yang biasanya digunakan untuk penyambungan internal telepon di sebuah perusahaan. Perangkat PABX murah ini sendiri berperan penting untuk mengatur seluruh panggilan yang masuk ke telepon, dan nantinya akan diteruskan langsung ke nomor tujuan yang...Media kumpulan artikel informasi dan tips