Saat mencas laptop, apakah Anda pernah merasakan bila listrik yang dialirkan ke laptop terasa menyetrum? Padahal, tidak terdapat benda yang bisa memicu munculnya sentruman? Nah, melansir dari salah satu sumber di internet menyatakan jika, laptop yang menyetrum saat dicas ternyata disebabkan oleh adanya arus fasa yang mengalir ke bagian casing laptop, sehingga bisa menimbulkan setruman yang kadangkal memang sangat mengganggu kita yang tengah menggunakan laptop untuk bermain game online seru dengan memanfaatkan wifi dari internet fiber optic.

Maka dari itu, untuk mengatasi supaya laptop tidak menghasilkan setruman yang bisa mengganggumu, maka

kerusakan laptop
                     kerusakan laptop 

alangkah baiknya coba deh terapkan beberapa tips ini. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

  1. Ganti casan laptop dengan yang baru. Jalan satu-satunya untuk menghindari agar laptop tidak mengeluarkan setruman, alangkah baiknya kamu mengganti casan laptop dengan yang baru. Meskipun sebenarnya kamu masih tetap bisa memperbaikan casan tersebut ke tempat servis laptop, namun terkadang casan yang diservis pun tidak menutup kemungkinan malah bisa kembali memicu terjadinya setruman di laptop.
  2. Tidak dicas ketika digunakan. Untuk mencegah laptop yang menyetrum, bisa diatasi dengan cara tidak menggunakannya jika laptop masih dalam keadaan digunakan. Sebab, selain dapat memperpendek umur baterai, nyatanya dapat pula mengakibatkan munculnya setruman pada laptop. Untuk itu, sebaiknya tidak mencas laptop ketika digunakan untuk bermain game ataupun berbagai hal lainnya.
  3. Diletakkan pada benda yang mengandung isolator baik. Agar sentruman laptop tidak menghasilkan kejutan yang membuat kita kaget, ada baiknya letakkan laptop pada benda yang mengaliri isolator cukup baik. Misalkan saja, kamu menaruhnya di atas sebuah meja, karpet, ataupun kasur yang bisa meminimalisir sentruman, sehingga tidak akan menyetrum ketika dipakai.
  4. Menghubungkan casing laptop dengan arde. Menghubungkan casing laptop ke arde (grounding), ternyata dapat menghindari supaya tidak ada setruman yang kapan saja bisa muncul di laptop. Arde sendiri merupakan sebuah alat yang dipercaya mampu mencegah terjadinya kontak fisik yang terjadi antara manusia dengan aliran listrik. Oleh sebab itu, saat laptop kamu mengeluarkan sentruman, tidak usah pikir panjang langsung hubungkan dengan arde.

Gimana? Apakah kamu semua sudah menerapkan beberapa tips di atas, saat laptop mengalami setruman? –SH–

mediaTEKNOkerusakan laptop,laptop rusak,setrum laptopSaat mencas laptop, apakah Anda pernah merasakan bila listrik yang dialirkan ke laptop terasa menyetrum? Padahal, tidak terdapat benda yang bisa memicu munculnya sentruman? Nah, melansir dari salah satu sumber di internet menyatakan jika, laptop yang menyetrum saat dicas ternyata disebabkan oleh adanya arus fasa yang mengalir ke bagian...Media kumpulan artikel informasi dan tips