Kolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi sumber berbagai penyakit kritis. Itulah sebabnya, bagi Anda yang mengalami masalah ini ataupun memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ini, ada baiknya mengonsumsi makanan penurun kolesterol secara rutin. Namun, tidak hanya makanan saja, ada baiknya jika Anda juga mengonsumsi minuman yang bisa menurunkan kolesterol juga, seperti kopi.

Loh, memangnya kopi bisa menurunkan kolesterol? Mungkin banyak dari Anda yang masih meragukannya. Kenyataannya, kopi memang bisa bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, loh. Seperti yang tertulis pada situs

minum kopi
minum kopi

klikDokter. Dalam situs tersebut, dijelaskan bahwa kopi mengandung antioksidan yang berperan penting dalam mengurangi oksidasi dari LDL (kolesterol jahat). Dengan mengonsumsi kopi sekitar 2 cangkir setiap harinya, kadar kolesterol Anda dapat terkontrol dan Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit komplikasi akibat kolesterol tinggi, seperti penyakit jantung koroner, gagal jantung, dan stroke. Bahkan, ada penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi 1 hingga 6 cangkir setiap hari, dapat menurunkan risiko Anda terkena stroke hingga 17%.

Tidak hanya kolesterol saja, mengonsumsi kopi secara rutin juga dapat merangsang produksi insulin dan meningkatkan metabolisme gula darah, sehingga menurunkan risiko Anda terkena penyakit kencing manis atau diabetes. Jadi, untuk Anda yang memiliki faktor risiko tinggi menderita diabetes, bisa mengonsumsi kopi sebagai cara pencegahan atas penyakit ini.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi kopi untuk mengatasi kolesterol, yaitu:

  • Hindari kopi instan

Masih berdasar dari situs klikDokter, kopi instan yang beredar dipasaran tidak sepenuhnya mengandung biji kopi asli dan mengandung perasa kopi serta pemanis buatan. Itulah sebabnya, kopi tersebut bisa dijual dengan harga murah. Akibatnya, jika dikonsumsi secara rutin setiap hari dengan dosis yang berlebihan, akan berdampak buruk bagi kesehatan. Seperti meningkatkan risiko Anda terkena hipertensi, diabetes, hingga kanker.

  • Perhatikan riwayat penyakit Anda

Ingatlah bahwa kopi mengandung kafein yang dapat merangsang produksi asam lambung berlebih. Jadi, bagi Anda yang sudah memiliki riwayat penyakit berkaitan dengan asam lambung, ada baiknya jika melakukan konsultasi pada dokter Anda terlebih dahulu sebelum mengonsumsi kopi rutin untuk menurunkan kolesterol.

Selain kedua hal di atas, ada satu hal lain yang harus dipertimbangkan, yaitu dosis. Meskipun mengonsumsi 1 hingga 6 cangkir kopi dapat menurunkan risiko stroke, tetapi bukan berarti Anda boleh seenaknya saja mengonsumsi 6 cangkir kopi setiap harinya. Sebab, dosis yang berlebihan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Jadi sangat disarankan agar Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter jika ingin mengonsumsi lebih dari dua cangkir kopi setiap harinya.

Untuk Anda yang tidak bisa mengonsumsi kafein dalam jumlah tinggi, teh bisa dijadikan alternatif. Sama seperti kopi, teh juga berhubungan dengan kolesterol. Teh dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi penyumbatan pembuluh darah. Namun, takaran dan cara konsumsinya juga perlu diperhatikan. Selamat mencoba! (Vita)

mediaLAINNYAKolesterol tinggi merupakan salah satu masalah kesehatan yang menjadi sumber berbagai penyakit kritis. Itulah sebabnya, bagi Anda yang mengalami masalah ini ataupun memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ini, ada baiknya mengonsumsi makanan penurun kolesterol secara rutin. Namun, tidak hanya makanan saja, ada baiknya jika Anda juga mengonsumsi minuman yang...Media kumpulan artikel informasi dan tips