Pernah merasa kebas atau kesemutan setelah olahraga? Pastinya pernah, ya! Anda mungkin tak pernah ambil pusing soal kondisi ini karena merasa semua orang pernah mengalaminya. Bahkan untuk menghindari rasa kesemutan ini, Anda tak jarang mengonsumsi multivitamin untuk stamina agar kondisi tubuh tetap terjaga. Well, kesemutan memang tidak berbahaya; namun kondisi ini bisa menjadi pertanda untuk masalah kesehatan yang lebih serius. Sebelum menilik lebih lanjut, coba kenali dulu penyebab kesemutan saat olahraga.

  1. Kekurangan oksigen. Saat olahraga, tubuh Anda memang membutuhkan oksigen dalam jumlah yang cukup
    cedera
    cedera

    besar. Mengapa? Pasalnya, oksigen sangat dibutuhkan untuk memecah cadangan gula dan lemak menjadi energi. Paru-paru akan memberikan oksigen ke darah, jantung, dan pembuluh darah, lalu disalurkan ke organ tubuh dan juga otot. Nah, ketika Anda berolahraga dengan intensitas berat tanpa pemanasan, otot-otot pun akan ‘kaget’ dan permintaan pasokan oksigen pun akan meningkat. Akibatnya, anggota tubuh yang berada jauh dari jantung pun akan kekurangan oksigen, yang kemudian membuatnya menjadi terasa kebas dan kesemutan.

  2. Sama halnya dengan oksigen, elektrolit juga sangat dibutuhkan setelah olahraga. Elektrolit berfungsi untuk mengatur cairan dalam tubuh, mengatur pH darah, tekanan darah, serta membantu kerusakan jaringan. Nah, patut diketahui bahwa ketika Anda olahraga, ternyata elektrolit ini akan dikeluarkan bersamaan dengan keringat. Akibatnya, tubuh pun akan kekurangan elektrolit yang bisa menyebabkan kram otot. Jika tidak segera digantikan, maka Anda pun akan merasa lelah serta kesemutan.
  3. Penyakit tertentu. Salah satu penyakit yang termasuk ke dalam penyebab ini adalah kerusakan ujung saraf atau peripheral neuropathy. Kondisi ini biasanya dialami oleh penderita diabetes dan bisa menyebabkan kesemutan saat berolahraga. Penyakit lainnya adalah Multiple Sclerosis (MS). MS merupakan penyakit perusakan saraf yang disebabkan oleh kekebalan tubuh. Kerusakan saraf karena trauma juga dapat mengakibatkan terjadinya kesemutan dan baal di bagian tubuh yang terkena trauma tersebut.

Itu dia beberapa penyebab kesemutan setelah berolahraga. Untuk itu, disarankan agar Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelumnya untuk mencegah cedera saat olahraga  dan jangan melakukan olahraga ekstrem jika tidak terbiasa beraktivitas fisik. Lakukan olahraga secara bertahap dan jangan lupa pula memastikan kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi. Semoga membantu!

 

mediaLAINNYAkesemutan,kesemutan olah ragaPernah merasa kebas atau kesemutan setelah olahraga? Pastinya pernah, ya! Anda mungkin tak pernah ambil pusing soal kondisi ini karena merasa semua orang pernah mengalaminya. Bahkan untuk menghindari rasa kesemutan ini, Anda tak jarang mengonsumsi multivitamin untuk stamina agar kondisi tubuh tetap terjaga. Well, kesemutan memang tidak berbahaya; namun...Media kumpulan artikel informasi dan tips