Siapa sih yang tidak akan merasa bersemangat ketika memiliki sepeda motor baru? Nah, saking semangatnya dengan tunggangan baru  ini, tidak sedikit yang melakukan kesalahan, baik saat mengendarainya maupun saat melakukan perawatan, mulai dari yang sepele sampai yang parah. Misalnya saja menggunakan oli mobil untuk oli sepeda motor atau berkendara tanpa mengecek kondisi sepeda motor terlebih dahulu.

Nah, agar kamu yang baru pertama kali memiliki motor tidak melakukan kesalahan tersebut, berikut daftar kesalahan yang harus kamu hindari.

Berkendara tanpa membawa SIM dan STNK

Kesalahan satu ini bisa berakibat fatal karena akan membuat kamu berurusan dengan polisi. Kamu tidak akan pernah tahu kapan dan

pengendara motor
pengendara motorfff

dimana polisi melaksanakan razia, dan kalau sedang apes, maka siap-siap saja deh mengeluarkan uang atau sidang demi menebus motor yang disita oleh polisi.

Tidak mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara

Kesalahan satu ini tidak hanya dilakukan oleh pengendara pemula, namun juga mereka yang sudah berpengalaman. Padahal justru melakukan pengecekan terhadap kondisi sepeda motor adalah hal yang penting dan tidak memerlukan waktu yang lama. Memeriksa kondisi sepeda motor seperti lampu sen, rem, dan bensin bisa menyelamatkanmu dari kejadian merugikan yang bisa menimpa.

Salah dalam perawatan

Merawat sepeda motor sebenarnya bukanlah hal yang sulit, namun bagi seorang pengendara pemula ini bisa jadi hal yang membingungkan. Apalagi, banyak mitos seputar perawatan motor, yang bila diikuti belum tentu benar semua dan bahkan bisa membahayakan motor. Salah satunya seperti penggunaan oli mobil untuk sepeda motor, padahal dampaknya bisa fatal bagi mesin motor. Bahkan tidak jarang, ada yang tidak mengganti oli dalam kurung waktu yang lama. Padahal banyak kerugian yang akan muncul jika oli mesin tidak Diganti, biasanya ketika udah galamin masalah baru sadar jika ganti oli itu penting.

Memberikan tumpangan saat belum siap

Membonceng seseorang dengan motor bisa jadi merupakan sesuatu yang membanggakan, apalagi bila yang dibonceng adalah kekasihmu. Tapi, demi keselamatanmu dan orang yang diboncengi, sebaiknya jangan memberikan tumpangan ketika kemampuanmu mengendarai motor belum terlalu baik. Membonceng seseorang tentunya akan lebih sulit dibanding mengendarai motor sendirian, karena kamu harus menyeimbangkan motor dengan beban tambahan.

Tidak menggunakan perlengkapan keselamatan

Kadang entah karena terlalu bangga atau karena merasa jalanan aman, kamu tidak menggunakan helm dan peralatan keselamatan lainnya. Padahal, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalanan nantinya. Karena itu akan lebih baik untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan ke manapun kamu pergi.

Itu tadi beberapa kesalahan pengendara motor pemula yang sebaiknya dihindari. Semoga bermanfaat. (raw)

mediaMOTOROTOMOTIFkeselamatan dalam berlalulintas,pengenadara motor,tips bermotorSiapa sih yang tidak akan merasa bersemangat ketika memiliki sepeda motor baru? Nah, saking semangatnya dengan tunggangan baru  ini, tidak sedikit yang melakukan kesalahan, baik saat mengendarainya maupun saat melakukan perawatan, mulai dari yang sepele sampai yang parah. Misalnya saja menggunakan oli mobil untuk oli sepeda motor atau berkendara...Media kumpulan artikel informasi dan tips