Bisa coba sebutkan olahraga apa saja yang sering kamu lakukan? Mungkin di antaranya adalah futsal. Yup, futsal merupakan olahraga yang seru dilakukan setelah sibuk beraktivitas. Tak heran sekarang berbagai arena futsal sudah menjamur. Jenis-jenis lapangan yang disediakan pun bermacam-macam, bukan hanya lapangan yang menggunakan rumput sintetis saja. Nah, ada lapangan futsal terdapat beberapa jenis lho. Di antaranya seperti berikut ini (sc: kabarsport.com)

  1. Lapangan Futsal Vinyl

Salah satu jenis lapangan futsal yang biasa digunakan adalah lapangan berjenis vinyl. Bahan dasar vinyl ini menyerupai karet yang lembut. Karena cukup lembut, lapangan jenis ini mempermudah pemain untuk melakukan

lapangan futsal
lapangan futsal

aksi-aksi dalam futsal. Selain itu, permukaannya yang rata juga memungkinkan bola dapat bergerak dengan lancar.

Sayangnya, jenis lapangan yang satu ini juga memiliki kelemahan. Jika usianya sudah lama, bagian permukaan bisa terlepas dan mengganggu pemain karena lapangan menjadi tidak rata. Daya cengkramnya juga cukup kuat terutama untuk sepatu futsal yang solenya terbuat dari karet. Lalu, terkadang bahan vinyl bisa menyebabkan luka pada paha dan pinggul.

  1. Lapangan Karpet Plastik

Selain vinyl, ada juga lapangan yang beralaskan karpet plastik. Bahan ini bisa dibilang merupakan bahan yang cukup ekonomis dibandingkan dengan jenis lapangan lainnya. Bahan karpet plastik ini bisa dibongkar dan mudah dipindahkan dan bisa tahan lama. Permukaannya pun tidak licin sehingga mengurangi risiko pemain terpeleset.

Berbeda dengan vinyl, permukaan lapangan ini jarang terlepas. Namun jika dibandingkan dengan lapangan lainnya, bahan ini cenderung tidak rata karena terdiri dari beberapa lapisan.

  1. Lapangan Rumput Sintetis

Rumput sintetis juga sering digunakan untuk arena futsal. Wujud lapangan ini menyerupai lapangan sepakbola indoor. Permukaannya pun cukup lembut dan empuk sehingga jika ada pemain yang terjatuh akan lebih kecil risikonya untuk terluka. Di lapangan ini laju bola juga tidak bisa terlalu cepat sehingga lebih mudah untuk dikuasai. Kekurangannya, daya cengkram sepatu di lapangan ini cukup lemah sehingga diperlukan sepatu khusus.

Eits, jenis-jenis lapangan futsal bukan hanya itu saja lho, masih ada beberapa jenis lagi yang perlu kamu ketahui. Penasaran? Lanjut baca artikel berikutnya ya! (Rima)

 

mediaLAINNYAkarpet futsal,lapangan futsalBisa coba sebutkan olahraga apa saja yang sering kamu lakukan? Mungkin di antaranya adalah futsal. Yup, futsal merupakan olahraga yang seru dilakukan setelah sibuk beraktivitas. Tak heran sekarang berbagai arena futsal sudah menjamur. Jenis-jenis lapangan yang disediakan pun bermacam-macam, bukan hanya lapangan yang menggunakan rumput sintetis saja. Nah, ada...Media kumpulan artikel informasi dan tips