Seperti yang kamu ketahui sekarang arena futsal mulai menjamur dimana-mana. Kalau kamu hobi bermain futsal, pastinya kamu menyadari kalau ada beberapa jenis lapangan yang berbeda. Yup, ada lapangan yang menggunakan rumput sintetis, vinyl, dan juga plastik. Nah, bukan hanya ketiga jenis itu saja, masih ada beberapa jenis lapangan futsal lainnya. Supaya kamu lebih tahu, yuk simak penjelasan di bawah ini!

  1. Lapangan Futsal Parquette

Jenis lapangan futsal yang satu ini tampilannya lebih menyerupai lapangan basket. Sebenarnya lapangan  parquette

lapangan futsal
lapangan futsal

lebih sering digunakan di wilayah Eropa dan Amerika dibandingkan dengan di Indonesia. Meskipun begitu, lapangan ini juga cukup nyaman untuk dipakai bermain futsal lho. Permukaannya termasuk kesat dan rata sehingga tidak licin dan membuat gerak bola lanjar saat dimainkan.

Seperti jenis lapangan lainnya, lapangan parquette ini juga memiliki kelemahan. Karena lapangan ini terbuat dari kayu, tingkat kekerasannya cukup tinggi sehingga tubuh akan terasa lebih sakit jika terbentur atau terjatuh saat bermain di lapangan ini. Selain itu, lapangan ini juga membutuhkan perawatan yang baik karena mudah rusak akibat cuaca.

  1. Lapangan Futsal Taraflex

Lapangan ini jika dilihat sekilas mirip seperti lapangan futsal parquette. Namun lapangan futsal ini terbuat dari bahan polythylen atau biji plastik yang dipadatkan. Jenis lapangan ini cukup banyak ditemukan di Indonesia karena kualitasnya yang cukup baik. Lapangan ini kesat dan memiliki permukaan yang rata. Namun, mirip seperti vinyl, permukaan lapangan ini bisa mudah terlepas jika sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama.

  1. Lapangan Futsal Semen

Nah, kalau lapangan futsal semen sepertinya sudah tidak perlu dijelaskan. Pasti beberapa dari kamu sudah pernah bermain di atas lapangan semen. Lapangan ini biasanya terdapat di sekolah dan di luar ruangan. Mengapa lapangan jenis lebih sering ditemukan? Jawabannya tak lain karena harganya yang ekonomis dan tahan lama. Meskipun perawatannya mudah, lapangan semen memiliki permukaan yang keras dan kasar sehingga membahayakan pemain saat terjatuh. Terlebih lagi jika saat hujan, lapangan akan menjadi licin.

Nah, di antara lapangan futsal di atas mana saja yang sudah pernah kamu coba? (Rima)

mediaLAINNYArumput futsal,rumput sintetisSeperti yang kamu ketahui sekarang arena futsal mulai menjamur dimana-mana. Kalau kamu hobi bermain futsal, pastinya kamu menyadari kalau ada beberapa jenis lapangan yang berbeda. Yup, ada lapangan yang menggunakan rumput sintetis, vinyl, dan juga plastik. Nah, bukan hanya ketiga jenis itu saja, masih ada beberapa jenis lapangan futsal...Media kumpulan artikel informasi dan tips