Apa yang ada dibenak Anda begitu mendengar kata industri? Mungkin yang langsung teringat adalah pabrik, alat industri, dan berbagai mesin yang berukuran besar untuk mengolah sesuatu. Memang, sebagian besar orang menganggap bahwa industri sama dengan kegiatan manufaktur, atau kegiatan mengolah sesuatu untuk menjadikannya suatu produk yang bisa menghasilkan keuntungan. Sebab itulah, banyak yang langsung teringat pada pabrik begitu mendengar kata industri.

Memang, pabrik juga salah satu jenis industri. Namun sebenarnya, pengertian industri itu lebih luas lagi, yaitu segala kegiatan manusia yang sifatnya produktif dan komersial seperti membuat kreasi kayu sendiri di rumah untuk dijual. Tidak hanya terbatas pada kegiatan yang memproduksi suatu produk jadi saja. Luasnya pengertian

jenis industri

industri ini, membuatnya mampu untuk diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok, salah satunya yaitu berdasarkan bahan bakunya.

Secara garis besar, industri bahan baku ini dapat dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu:

  • Industri ekstraktif

Pada industri ini, bahan baku yang digunakan adalah segala sesuatu yang berasal langsung dari alam. Misalnya saja, seperti industri kehutanan atau pertanian. Pada industri kehutanan, kita memang harus menanam pohon terlebih dahulu sebelum digunakan. Namun, kita tidak melakukan pengolahan apapun sehingga pohon ini dianggap sebagai bahan baku yang berasal dari alam.

  • Industri nonekstraktif

Pada industri ini, bahan baku yang diolah adalah bahan yang telah melalui pengolahan lain sebelumnya. Bisa dikatakan, beberapa jenis industri ini merupakan kelanjutan dari industri ekstraktif. Misalnya saja industri kayu lapis, sebelum masuk ke dalam industri ini bahan baku yang berasal dari hutan akan masuk ke dalam industri kehutanan terlebih dahulu. Setelah itu, barulah batang pohon ini kemudian akan kembali diolah menjadi kayu lapis. Industri furniture juga termasuk ke dalam industri nonekstraktif, namun hanya yang memproduksi untuk dijual (komersial), bukan seseorang yang hanya membuat kreasi kayu di rumah untuk keperluan pribadi.

  • Industri fasilitatif

Pada industri ini, bahan baku yang digunakan bukanlah suatu barang yang memiliki bentuk, sebab industri ini menjual jasa layanan untuk memenuhi kebutuhan orang lain. Beberapa jenis industri yang termasuk ke dalam industri ini yaitu, industri perbankan dan industri pariwisata.

Dari beberapa point di atas, bisa terlihat kan kalau ternyata tidak semua industri menggunakan alat atau mesin? Contohnya saja pada point ketiga, Anda tidak pernah kan melihat adanya mesin atau alat industri berukuran besar di sana? (Vita)

mediaBISNISartikel industri,BISNIS,indusstri berat,jenis industriApa yang ada dibenak Anda begitu mendengar kata industri? Mungkin yang langsung teringat adalah pabrik, alat industri, dan berbagai mesin yang berukuran besar untuk mengolah sesuatu. Memang, sebagian besar orang menganggap bahwa industri sama dengan kegiatan manufaktur, atau kegiatan mengolah sesuatu untuk menjadikannya suatu produk yang bisa menghasilkan keuntungan....Media kumpulan artikel informasi dan tips