Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berfungsi sangat penting dalam tubuh. Bagaimana tidak, manfaat vitamin C sangat banyak bagi tubuh, seperti membantu produksi kolagen yang berfungsi untuk pembentukan kulit, pembuluh darah, tulang rawan, ligamen, dan tendon. Selain itu, berfungsi juga sebagai antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas, sehingga dapat mencegah tubuh dari berbagai penyakit yang bisa terjadi akibat kekurangan vitamin C.

Namun, sebelum berkembang menjadi sebuah penyakit berbahaya, terkadang tubuh akan menunjukkan beberapa

vitamin c
vitamin c

gejala saat kekurangan vitamin C. Baik gejala ringan atau berat, kita perlu mewaspadai tanda-tanda tubuh kekurangan vitamin C seperti berikut ini.

  • Gusi Bengkak dan Berdarah

Karena sebagian dari gusi terbentuk oleh kolagen, maka gusi bisa menjadi lebih sensitif ketika tubuh kekurangan vitamin C. Gusi akan lebih mudah mengalami bengkak dan berdarah. Gusi yang bengkak diakibatkan oleh peradangan yang terjadi. Seharusnya peradangan bisa diredakan oleh sifat antioksidan dari vitamin C. Jika tubuh tidak memiliki vitamin C yang cukup, maka peradangan akan sulit untuk pulih.

  • Rambut Kering dan Bercabang

Tak hanya gusi, rambut kita juga bergantung dengan jumlah kolagen agar tetap sehat dan kuat. Ketika vitamin C rendah, maka begitu pula jumlah kolagen yang ada di dalam tubuh. Akibatnya, kekurangan kolagen akan menyebabkan rambutmu rapuh, kering, dan mudah rontok.

  • Kulit Kering

Seperti yang telah dijelaskan di atas, vitamin c sangat berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Tanpa vitamin C yang cukup, kulit tidak memiliki kolagen yang cukup pula. Maka tak heran jika kekurangan vitamin C dapat membuat kulit kita terasa lebih kering dan berkerut.

  • Sering Mimisan

Sering mengalami hal ini? Mimisan terjadi karena pembuluh darah kecil di hidung pecah. Pembuluh darah kecil ini seharusnya bisa lebih kuat dengan bantuan kolagen. Oleh karena itu, vitamin C sangat diperlukan agar jumlah kolagen cukup untuk memperkuat pembuluh darah dan mencegah terjadinya mimisan.

  • Mudah Lesu dan Letih

Selain pembentukan kolagen, vitamin C juga berperan penting dalam menyediakan energi dan stabilitas mood pada tubuh kita. Karena itu, kekurangan vitamin C dapat membuat tubuh terasa mudah lelah dan membuat suasana hati jadi tidak stabil.

Agar tubuh terhindar dari gejala-gejala di atas, sebaiknya kita memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari dengan mengonsumsi makanan dan suplemen yang kaya akan vitamin C. (Rima)

mediaLAINNYAartikel kesehatan,manfaat vitamin c,vitamin cVitamin C merupakan salah satu vitamin yang berfungsi sangat penting dalam tubuh. Bagaimana tidak, manfaat vitamin C sangat banyak bagi tubuh, seperti membantu produksi kolagen yang berfungsi untuk pembentukan kulit, pembuluh darah, tulang rawan, ligamen, dan tendon. Selain itu, berfungsi juga sebagai antioksidan yang ampuh menangkal radikal bebas, sehingga...Media kumpulan artikel informasi dan tips