Banyak hal menarik ketika Anda mempelajari soal truk. Mulai dari mengenali beberapa jenis trailer pada truk, mempelajari jenis bannya, hingga mengenali cara kerjanya. Nah, bicara soal cara kerja truk, pernah memperhatikan tidak sih kalau bagian tabungnya selalu berputar terlebih ketika berjalan raya? Pasalnya, ketika melewati proyek pembangunan, truk semen sekaligus truk molen pastinya menjadi dua alat yang selalu ada. Bagaimana tidak keduanya memang dibutuhkan untuk membangun sebuah pondasi.

Mungkin Anda menjawab bahwa wajar jika tabung truk molen selalu berputar; karena fungsinya memang untuk mengaduk. Namun demikian, jangan salah. Ada alasan yang lebih spesifik di baliknya. Coba simak bersama-sama,

truk molen
truk molen

ya.

Seperti yang sudah disinggung di atas, memang secara khusus fungsi truk molen ini adalah sebagai pengaduk dari campuran beton siap campur. Nah, tak hanya sebagai pengaduk, truk molen juga bertugas sebagai pengangkut dari tempat pencampuran atau pabrik ke lokasi pengecoran. Oleh sebab itu, tabung truk molen tidak boleh berhenti berputar agar campuran beton di dalamnya tidak berubah komposisinya. Selama perjalanan pun, tabung truk molen ini berputar dengan kecepatan 8-12 putaran per menitnya.

Nah, ketika berada di jalan raya, tabung truk molen terus berputar agar beban truk lebih ringan. Tidak hanya itu, hal ini juga dimaksudkan agar adukan betonnya tetap homogen dan tidak mengeras. Anda pastinya tahu bahwa adukan beton sangat mudah mengeras jika didiamkan, jadi selama perjalanan, tabung truk molen ini akan selalu berputar agar adukan siap dikeluarkan saat tiba di lokasi pengecoran. Adukan ini tidak boleh dibiarkan diam barang semenitpun karena khawatir akan menyatu dan tak bisa digunakan lagi. Begitu tiba di lokasi pun, tabung terus berputar sembari mengeluarkan adukannya melalui pipa yang tersedia.

Setelah selesai mengeluarkan semua campuran beton, apakah tabung molen akan berhenti berputar? Well, tidak juga. Sebab agar sisa adukan beton tidak mengeras, maka tabung molen harus tetap berputar. Jika di dalamnya sudah bersih, barulah tabung molen ini berhenti berputar. Jadi, jika suatu ketika Anda melihat truk molen tidak berputar tabungnya, mungkin truk tersebut sedang tidak membawa adukan beton dan tidak sedang digunakan. Semoga membantu, ya!

http://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2018/08/Truk_Molen___Molen_Truck.jpghttp://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2018/08/Truk_Molen___Molen_Truck-290x167.jpgmediaLAINNYAtruk molenBanyak hal menarik ketika Anda mempelajari soal truk. Mulai dari mengenali beberapa jenis trailer pada truk, mempelajari jenis bannya, hingga mengenali cara kerjanya. Nah, bicara soal cara kerja truk, pernah memperhatikan tidak sih kalau bagian tabungnya selalu berputar terlebih ketika berjalan raya? Pasalnya, ketika melewati proyek pembangunan, truk semen...Media kumpulan artikel informasi dan tips