Morning sickness adalah hal wajar yang dialami Ibu hamil pada awal kehamilan. Meskipun hal ini wajar, namun tetap saja bisa mengganggu aktivitas jika tidak segera mencari cara mengatasi mual saat hamil. Untungnya saat ini sudah banyak informasi mengenai cara menghilangkan mual saat hamil, baik itu dari majalah, internet, maupun forum. Jadi hal ini bukan masalah lagi.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa hal penyebab mual yang berbeda antara satu ibu hamil dengan ibu hamil lainnya, loh. Dan karena penyebabnya berbeda, tentu saja cara mengatasinya juga berbeda. Nah, supaya Ibu tidak salah dalam menerapkan cara untuk mengatasi mual ini, akan lebih baik jika ketahui penyebabnya terlebih dahulu.

masa kehamilan
masa kehamilan
  1. Meningkatnya hormon estrogen di dalam tubuh. Hormon estrogen yang meningkat selama masa kehamilan, dapat pula menyebabkan munculnya rasa mual ketika hamil. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan pada hormon estrogen yang mempengaruhi asam lambung ibu hamil sehingga bisa menimbulkan mual. Dan perlu diketahui, jika hormon estrogen ini akan meningkat di saat pagi hari, sehingga Ibu akan merasakan mual yang tidak tertahankan di pagi harinya. Hanya saja, untuk Ibu yang tidak mengidap penyakit asam lambung, maka tidak akan mengalami peningkatan hormone estrogen.
  2. Mengidap penyakit asam lambung. Melansir dari sebuah blog, menyatakan bahwa untuk para Ibu yang di masa mudanya sudah mengidap penyakit asam lambung, maka cukup rentan terserang muntah ataupun mual saat masa kehamilan. Terlebih lagi, apabila Ibu tidak mengonsumsi makanan dalam waktu yang cukup lama dan membiarkan perut kosong, dapat dipastikan Ibu pun akan terserang rasa mual saat hamil ini.
  3. Perubahan metabolisme tubuh. Saat masa awal kehamilan, metabolisme di dalam tubuh ibu hamil pun akan sering berubah. Biasanya, perubahan metabolisme yang terjadi ini lebih lambat dibandingkan sebelum hamil. Oleh sebab itu, ibu bisa mengalami mual maupun muntah pada masa trimester pertama kehamilan.
  4. Masalah psikologis. Faktor penyebab kenapa ibu hamil merasa mual, karena dipengaruhi oleh masalah psikologis. Merasa tertekan atau belum siap menerima janin yang dikandungnya, ternyata dapat memicu munculnya mual ataupun muntah pada masa kehamilan.

Udah pada tau kan sekarang, kenapa ibu bisa mual di awal masa kehamilan? –SH–

mediaIBU & ANAKKESEHATANartikel kehamilan,masa kehamilan,mengapa mual,mual saat hamilMorning sickness adalah hal wajar yang dialami Ibu hamil pada awal kehamilan. Meskipun hal ini wajar, namun tetap saja bisa mengganggu aktivitas jika tidak segera mencari cara mengatasi mual saat hamil. Untungnya saat ini sudah banyak informasi mengenai cara menghilangkan mual saat hamil, baik itu dari majalah, internet, maupun...Media kumpulan artikel informasi dan tips