Sekarang ini bisa dibilang coworking space atau shared office space jakarta tidak sulit untuk ditemukan. Hal ini karena banyaknya orang yang membutuhkan ruang kerja yang fleksibel namun tetap professional. Kedua hal tersebut adalah sedikit dari sekian banyak keuntungan bekerja di coworking space atau shared office. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cerita coworking space bisa sampai populer Indonesia?

Sebelum menyelidikinya, mari kita simak dulu asal muasal coworking space terbentuk. Awalnya pada Januari 2002, Stefan Leitner-Sidl dan Michael Pöll mendirikan coworking space pertama di dunia di Schraubenfabrik, Wina, Austria. Lokasi ini bahkan mendapatkan julukan  Mother Of Coworking karena merupakan tempat berkumpulnya

coworking space
coworking space

para wirausaha.

Meski Schraubenfabrik merupakan coworking space yang berdiri pertama kali, ide dan konsep awal coworking space sudah ada sejak tahun 1995. Di tahun tersebut Jerman mendirikan C-Base Station yakni tempat pembelajaran komputer yang sengaja dibuat untuk meningkatkan kemampuan penggunaan komputer masyarakat Jerman. Ide ini lalu dikembangkan oleh Bernard “Brian” DeKoven dan terlintas ide untuk membuat kantor yang terdiri dari kolaborasi berbagai macam orang yang berkedudukan setara.

Sedangkan, di Indonesia coworking space bermula dari konsep yang diterapkan oleh Yohan Totting di Bandung pada tahun 2010. Yohan mendirikan sebuah coworking space, yakni Hackerspace pada saat itu. Ia terinspirasi saat berkunjung ke Hackerspace Singapura dan kagum akan konsep coworking space tersebut.

Setelah setahun didirikan, Hackerspace Bandung melebarkan sayap dan coworking space dengan konsep yang serupa pun muncul di Surabaya, Yogyakarta, Medan dan beberapa kota lain di Indonesia. Namun tak semuanya bisa dibilang sukses. Justru satu-satunya coworking space yang sukses pada saat itu adalah Hubud (Hub in Ubud), yakni sebuah coworking space yang berada di Bali.

Kemudian, setelah itu mulai banyak coworking space yang didirikan. Sejak tahun 2009 hingga 2015, terdapat 34 coworking space di Indonesia. Namun, di awal 2016 jumlah tersebut berkurang karena kurang berjalan dengan baik.

Konsep coworking space memang tidak mudah diterima di Indonesia. Menurut Erwin dari Cre8, coworking space di Jakarta yang hadir di “Coworking Unconference” pada 2016, orang-orang masih memilih untuk bekerja di kafe dengan fasilitas internet. Namun, bukan berarti coworking space tidak memiliki harapan untuk berkembang di Indonesia. Sebab coworking space bukan hanya tempat yang disewakan untuk bekerja tapi juga tempat untuk membangun komunitas. (Rima)

(Source: tirto.id)

mediaLAINNYASekarang ini bisa dibilang coworking space atau shared office space jakarta tidak sulit untuk ditemukan. Hal ini karena banyaknya orang yang membutuhkan ruang kerja yang fleksibel namun tetap professional. Kedua hal tersebut adalah sedikit dari sekian banyak keuntungan bekerja di coworking space atau shared office. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya...Media kumpulan artikel informasi dan tips