Saat usia kandungan sudah mencapai bulan ketujuh, banyak hal yang harus mulai Anda persiapkan seperti menentukan rumah sakit, dokter untuk membantu persalinan, hingga mempersiapkan peralatan untuk menyambut kehadiran si buah hati. Namun demikian, masih banyak calon ibu yang merasa kebingungan tentang hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan demi keberlangsungan hidup si buah hati. Nah, untuk menambah info ibu hamil yang mungkin belum Anda ketahui, berikut ini adalah tips untuk menghindari overbudget ketika berbelanja perlengkapan bayi.

  1. Buat daftar belanja. Berbelanja tanpa rencana adalah bencana besar. Mengapa begitu? Sebab Anda akan terus berbelanja tanpa tahu apa yang sebenarnya Anda butuhkan. Sebelum mengunjungi toko perlengkapan bayi, siapkan dulu daftar benda yang ingin Anda beli. Jika memungkinkan, cetak daftar belanja tersebut dalam selembar kertas yang sudah dilengkapi dengan check-box. Percaya atau tidak, kegiatan sederhana ini bisa membuat pengeluaran Anda tidak berlebihan.
  2. Hitung jumlah pakaian yang dibutuhkan. Hati-hati, berbelanja pakaian adalah kegiatan paling menggoda yang sangat sulit untuk dihindari. Baju-baju dengan aneka model, warna, dan motif akan sangat menggoda keimanan Anda untuk membelinya dan membawa pulang ke rumah. Jangan sampai Anda terjebak di dalam fase ini karena pertumbuhan bayi sangatlah cepat dan dalam hitungan bulan, baju-baju yang Anda beli akan tersia-siakan karena tidak muat lagi. Nah, untuk mengurangi pembengkakan dana, tetapkan jumlah pakaian yang kira-kira dibutuhkan anak. Bisa tiga lusin atau bahkan empat lusin.
  3. Cari toko perlengkapan bayi yang menjual benda-benda dengan harga miring. Untuk mengetahui di mana saja lokasi toko ini, Anda bisa menanyakannya pada forum ibu hamil. Percayalah, ada banyak sekali toko-toko perlengkapan bayi yang menjual benda dengan harga murah dan kualitas yang baik. Dan lagi, untuk menghemat pengeluaran, belilah benda-benda tersebut di satu toko untuk mendapatkan diskon khusus atau potongan harga.
  4. Jika Anda berniat untuk membeli mainan anak, sebaiknya dipikirkan dengan masak-masak. Tidak semua mainan cocok untuk anak dan mencari mainan yang bisa menunjang perkembangan anak di usia-usia awal sangatlah sulit. Jika Anda tidak bisa menemukan mainan yang sesuai, sebaiknya tunda hingga anak sudah mencapai usia kesekian bulan.

Membeli berbagai perlengkapan bayi hingga overbudget hanya akan membuat Anda merasa menyesal setelah membelinya. Pada beberapa ibu hamil, penyesalan ini akan membuatnya stres, terutama jika pengeluarannya benar-benar jauh melebihi budget yang sudah ditentukan. Sementara, berbagai tips untuk kehamilan sehat dan menyenangkan banyak yang menyarankan agar ibu hamil dijauhkan dari berbagai hal yang membuatnya stres. Karena itulah, penting bagi ibu hamil dan juga keluarganya untuk menerapkan berbagai tips di atas untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi akibat masalah overbudget ini. (Tr)

mediaBELANJAGAYA HIDUPartikel ibu hamil,info ibu hamil,tips ibu hamilSaat usia kandungan sudah mencapai bulan ketujuh, banyak hal yang harus mulai Anda persiapkan seperti menentukan rumah sakit, dokter untuk membantu persalinan, hingga mempersiapkan peralatan untuk menyambut kehadiran si buah hati. Namun demikian, masih banyak calon ibu yang merasa kebingungan tentang hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan demi keberlangsungan...Media kumpulan artikel informasi dan tips