Kenaikan berat badan memang wajar dialami oleh ibu hamil asal tetap dalam batas yang wajar. Bukan karena sedang hamil, para ibu jadi boleh bebas mengonsumsi banyak makanan dan jadi tidak menjaga berat badan. Menjaga berat badan juga menjadi salah satu alasan mengapa ibu hamil perlu membatasi makanan manis. Banyak lho, yang bisa Ibu lakukan agar berat badan tidak naik berlebihan, di antaranya adalah melakukan beberapa hal seperti di bawah ini.

  1. Mulai mengganti camilan. Jika dulunya suka mengonsumsi camlian yang manis, terlalu asin atau pedas, coba mulai sekarang dikurangi. Sebab beberapa camilan tersebut cenderung memiliki kalori yang tinggi. Gantilah dengan mengonsumsi camilan yang rendah lemak dan kaya akan serat, seperti kacang-kacangan, cokelat hitam, salad, dan lain-lain.
  2. Cukupi kebutuhan gizi. Tak asal makan, ibu hamil perlu dengan teliti menilai gizi makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, ketahuilah berapa jumlah gizi yang Ibu perlukan, jangan sampai kurang atau berlebih. Makanlah secara teratur, umumnya tiga kali sehari dengan porsi seimbang yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.
  3. Konsumsi masakan rumah. Ibu hamil lebih dianjurkan untuk memakan masakan rumah. Mengapa? Dengan masakan rumah, Ibu bisa mengontrol tingkat kebersihan dan kualitas makanan. Masakan yang direbus, ditumis atau dikukus lebih baik dibandingkan dengan masakan yang digoreng.
  4. Makan secara perlahan. Tahukah jika makan terlalu cepat dapat meningkatkan kadar gula darah dan membuat Ibu makan lebih banyak? Karena itu, usahakan untuk tidak tergesa-gesa saat makan dan kunyahlah makanan dengan baik agar Ibu merasa cepat kenyang.
  5. Tetap aktif bergerak. Jangan sampai kehamilan dijadikan alasan untuk malas bergerak ya! Ketika Ibu malas bergerak, dikhawatirkan kaki membengkak karena efek dari kehamilan. Untuk itu, disarankan untuk aktif bergerak agar kehamilan tetap sehat. Tidak hanya itu, supaya berat badan tidak melambung tinggi saat hamil, lakukanlah olahraga ringan secara rutin seperti senam hamil atau yoga.

Memangnya mengapa Ibu harus menjaga berat badan selama kehamilan? Nyatanya, kegemukan atau obesitas dapat membawa beberapa dampak buruk bagi ibu hamil. Di antaranya adalah seperti mengancam kesehatan ibu dan janin serta keguguran. Oleh karena itu, perhatikanlah berat badan Ibu selama kehamilan ya, jangan sampai kegemukan! (Rima)

mediaLAINNYAKenaikan berat badan memang wajar dialami oleh ibu hamil asal tetap dalam batas yang wajar. Bukan karena sedang hamil, para ibu jadi boleh bebas mengonsumsi banyak makanan dan jadi tidak menjaga berat badan. Menjaga berat badan juga menjadi salah satu alasan mengapa ibu hamil perlu membatasi makanan manis. Banyak...Media kumpulan artikel informasi dan tips