Menyutradai sebuah film memang tidak lah semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang, apalagi harus menyutradai film terbaik Indonesia. Mengapa? Bagaimana tidak, ketika menyutradai sebuah film Anda yang seorang sutradara dituntut harus bisa membuat film yang sangat bagus. Selain itu membuat suasana terkesan nyata, khususnya film biografi yang terkadang menggunakan latar waktu beberapa puluh tahun yang lalu. Kesalahan dalam proses produksi dapat membuat penonton merasa aneh saat menyaksikan filmnya, seperti beberapa hal aneh dalam film Habibie & Ainun pertama, yang terkesan tidak masuk akal.

Nah, agar menyutradai sebuah film berjalan dengan lancar, maka memperhatikan beberapa hal di bawah ini sangat direkomendasikan sekali. Check it out:

Menyiapkan beberapa hal yang berhubungan dengan pembuatan film

Sebelum proses syuting dimulai, biasanya sutrada bekerjasama dengan produser akan menyiapkan semua hal yang dibutuhkan. Misalnya seperti penulis script yang akan menuangkan ide cerita dari sang produser ke dalam sebuah naskah, mencari pemain dan tim produksi

Beasts of the Southern Wild
                  Beasts of the Southern Wild

lainnya yang nantinya akan terlibat dalam proses produksi.

Memiliki Kerjasama dengan Aktor Maupun Aktris

Setelah menyiapkan beberapa hal yang berhubungan dengan pembuatan film, maka seorang sutradara selanjutnya haruslah bekerjasama yang baik dengan aktor dan aktris mereka. Pastikan aktor dan aktris sudah mengetahui dan mengerti akan peran yang akan dimainkannya di film yang akan dibuat. Apabila ada aktor maupun aktris yang tidak mengerti denga nisi naskah, maka sutradara wajib menjelaskannya. Dan juga, ketika menjadi seorang sutradara tetap tenang, fokus, jangan mudah terpancing emosi, dan sebagainya.

Proses Pengambilan Gambar

Apabila mau membuat sebuah film yang bagus, seorang sutradara harus mampu mengetahui kapan akan mengambil gambar yang bagus dan tidak, bagaimana cara mengambil gambar yang baik, apabila gambar sudah di ambil sutradara harus meninjau gambar tersebut, dan sebagainya. Jika gambar yang di ambil sudah bagus dan semacam, maka akan menghasilkan film yang bagus pula.

Menyelesaikan Pembuatan Film

Jika semua yang ada di dalam naskah sudah dimainkan semuanya, maka langkah akhir yang dilakukan sutradara yaitu menyelesaikan pembuatan film. Dimana, seorang sutradara haruslah mengoreksi isi film yang dibuat, minta menambahkan musik dan campuran suara, dan yang terakhir tunjukkan hasil film yang dibuat.

Bagaimana? Susahkah ketika menyutradarai sebuah film? –SH–

mediaFILMSHOWBIZartikel film,Beasts of the Southern Wild,film terbaik,sutradara terbaikMenyutradai sebuah film memang tidak lah semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang, apalagi harus menyutradai film terbaik Indonesia. Mengapa? Bagaimana tidak, ketika menyutradai sebuah film Anda yang seorang sutradara dituntut harus bisa membuat film yang sangat bagus. Selain itu membuat suasana terkesan nyata, khususnya film biografi yang terkadang menggunakan...Media kumpulan artikel informasi dan tips