Tidak hanya mengendarai truk logistik saja yang ada aturannya, di negara Jerman yang terletak di benua Eropa ini menggunakan transportasi umum pun ternyata juga memiliki beberapa aturan. Ini bukan tanpa sebab, dibuatnya aturan ini tentu untuk mengurangi terjadinya kecelakaan ketika menaiki transportasi umum sekaligus membuat suasana lebih kondusif. Memang sih, di negara satu ini masih ada orang yang suka membangkang dengan peraturan, akan tetapi kebanyakan masyarakatnnya sangat tertib dan sadar akan hukum.

Nah, buat kamu yang berniat liburan di Jerman dan ingin menaiki transportasi umum, alangkah baiknya

kehidupan jerman
kehidupan jerman

perhatikan dulu beberapa aturan berikut ini. Here we go! (dikuti melalui: denkspa.com)

  1. Keluar masuk transportasi umum. Seperti yang sangat jelas diketahui, di Indonesia sendiri sangat banyak sekali penumpang yang saling berdesak-desakkan jika ingin menaiki transportasi umum. Orang yang keluar dari bus maupun kereta saja terkadang sulit untuk mencari jalan keluar karena dihalangi oleh penumpang yang mau masuk. Akan tetapi, berbeda dengan negara Jerman, di negara ini penumpang keluar lebih diutamakan. Apabila ada bus maupun kereta yang berhenti, maka secara otomatis penumpang yang sudah antri akan langsung menepi ke bagian kiri maupun kanan dan membiarkan penumpang lain turun.
  2. Naik turun eskalator. What, naik eskalator ada aturannya? Sebagian, dari kamu mungkin langsung kaget ketika mendengar ini, bukan? Di Jerman, jika kamu tidak tergesa-gesa, maka alangkah baiknya berdiri di bagian sebelah kanan. Biasanya, jalur sebelah kanan untuk orang yang jalannya santai dan tidak dikejar waktu. Apabila kamu ngotot mengambil jalur kiri, siap-siap saja kamu akan langsung diumpat oleh orang lain. So, daripada ada yang mengumpat pada kita, lebih baik taati aturan dengan mengambil jalur kanan bila ingin berjalan santai ketika menggunakan eskalator.
  3. Aturan membeli karcis. Tahukah kamu, ternyata di negara Jerman kita bisa loh tidak membeli karcis sebelum menaiki kereta. Contohnya, di kota Köln, kita bisa langsung menaiki transportasi tanpa membeli karcis dan nanti bisa membeli karcis langsung di dalam kereta. Namun, berbeda dengan kota lain seperti Berlin, Hamburg, München, kita diwajibkan untuk membeli tiket sebelum naik ke kereta. Jika tidak membeli, maka kamu akan terkena denda sekitar 60 € dan dicap sebagai penumpang gelap. Tenang, ada banyak kok vending machine untuk membeli tiket, jadi kamu tidak akan kesusahan lagi.

Gimana? Kamu sudah tau belum dengan tata cara di atas? Eits, masih ada hal penting lain yang harus diperhatikan ketika ingin menggunakan transportasi di Jerman. Tunggu di bagian dua, ya! –SH–

mediaGAYA HIDUPkehidupan di jermanTidak hanya mengendarai truk logistik saja yang ada aturannya, di negara Jerman yang terletak di benua Eropa ini menggunakan transportasi umum pun ternyata juga memiliki beberapa aturan. Ini bukan tanpa sebab, dibuatnya aturan ini tentu untuk mengurangi terjadinya kecelakaan ketika menaiki transportasi umum sekaligus membuat suasana lebih kondusif. Memang sih,...Media kumpulan artikel informasi dan tips