Google Doodle hari ini menampilkan lukisan gambar Miriam Makeba dalam rangka memperingati ulang tahun beliau yang ke 81 tahun. Miriam Makeba lahir pada tanggal 4 Maret 1932. Lahir di Johannesburg, Afrika Selatan, dengan nama lengkap Zenzile Miriam Makeba.

Pada usia enam tahun, ia ditinggal untuk selamanya oleh sang ayah. Dua tahun kemudian, ibunya harus ditahan oleh pihak berwajib karena menjual bir lokal yang kerap disebut denganUmqombothi.

Miriam Makeba sangat menentang politik rasisme. Ia menentang pemerintah pada tahun 1960 setelah dia ikut serta dlam film documenter “Come Back, Africa”. Come Back, Africa adalah sebuah film drama-dokumenter Afrika Selatan-Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 1960. Film ini ditulis, diproduksi dan disutradarai oleh pembuat film independen Amerika Lionel Rogosin. Pemerannya adalah bintang-bintang film Afrika Selatan: Miriam Makeba, Vinah Makeba, Zachria Makeba, dan Molly Parkin. Film ini memiliki efek

Miriam Makeba
Miriam Makeba

mendalam pada sinema Afrika, dan hingga kini tetap dianggap memiliki nilai budaya dan sejarah yang penting karena mendokumentasikan warisan budaya unik dari kehidupan perkotaan di Afrika Selatan pada tahun 1950-an.(Wikipedia). Mirim Makeba juga sempat diasingkan selama hampir 30 tahun.

Karier Makeba melesat pada tahun 1950 saat ia ikut dalam grup jazz Afrika bernama Manhattan Brothers. Namun keberadaannya disana tak bertahan lama karena kemudian ia mendirikan grup sendiri bernama The Skylarks. Pada 1956, Makeba menelurkan satu single berjudul Pata-Pata yang akhirnya membawa namanya terkenal di seluruh negeri.

Kemudian Ia pergi ke London dan bertemu dengan Harry Belafonte, sosok yang membantu Makeba dalam mengembangkan kariernya hingga ke Amerika Serikat. Disana, mereka berdua sempat tampil di Madison Square Garden dalam acara ulang tahun Presiden USA saat itu, John F. Kennedy.

Pada 1963, Makeba menelurkan album keduanya yang ia beri judul, The World of Miriam Makeba. Tiga tahun berselang, ia dan Belafonte meraih penghargaan Grammy Award dan menjadi wanita pertama Afrika yang menerima Grammy Award. Kemudian, Makeba semakin rajin menggarap lagu seperti The Click Song dan Malaika yang pada ujungnya menjadi hits yang terkenal di Negeri Paman Sam tersebut. Tahun 1967, Makeba pun mengenalkan lagu ciptaannya, Pata-Pata, ke USA dan mendapat respon yang sangat baik.

Suara emasnya sering dibandingkan dengan suara milik penyanyi sekaliber Ella Fitzgerald ataupun Frank Sinatra.

Konflik yang terjadi di tanah kelahirannya membuat hatinya terketuk. Ia lantas memutuskan untuk kembali pada 10 Juni 1990. Bersama Dizzy Gillespie, Nina Simone, dan Masekela, keempatnya kemudian membuat album baru berjudul Eyes on Tomorrow.

Sayang, perjalanan hidup Makeba harus berakhir pada 2008 silam pada umur 76 tahun. Saat menghadiri sebuah acara konser untuk memberi dukungan pada Roberto Soviano di Italia, Ia menemui ajal di acara tersebut. Setelah menyanyikan lagu Pata-Pata, Makeba terkena serangan jantung. Meski sempat dibawa ke klinik, namun Tuhan telah berkehendak untuk memanggil Makeba pulang.

Beragam acara penghormatan bagi Makeba lantas digelar dengan tajuk “Hommage a Miriam Makeba” pada 25 hingga 27 September 2009. Semuanya mengagumi sosok Makeba yang mendapat julukan “Mama Africa” berkat prestasinya mengangkat nama Afrika lewat lagu-lagu indah yang diiringi suara emasnya.

” I believe I can sing anything” – Mirim Makeba

http://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2013/03/miriam_makebas_81st_birthday-1417005-hp.jpghttp://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2013/03/miriam_makebas_81st_birthday-1417005-hp-150x150.jpgmediaINTERNETTEKNOartikel informasi,google doodle,kumpulan artikel,media artikel,miriam makeba,profileGoogle Doodle hari ini menampilkan lukisan gambar Miriam Makeba dalam rangka memperingati ulang tahun beliau yang ke 81 tahun. Miriam Makeba lahir pada tanggal 4 Maret 1932. Lahir di Johannesburg, Afrika Selatan, dengan nama lengkap Zenzile Miriam Makeba. Pada usia enam tahun, ia ditinggal untuk selamanya oleh sang ayah. Dua...Media kumpulan artikel informasi dan tips