Ada banyak cara menurunkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah dengan mengubah gaya hidup kita. Menerapkan gaya hidup sehat dengan bantuan keluarga dan kerabat sekitar, bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi secara signifikan, lho. Mungkin awalnya sulit, namun jika sudah terbiasa rasanya mudah saja, kok. Coba cek bagaimana cara mengubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat dalam artikel berikut ini, ya:

  1. Motivasi dari dalam diri bahwa kita bisa menjadi lebih sehat. Mengubah sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan memang sangat sulit, namun hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil jika kita punya motivasi
    hidup sehat
    hidup sehat

    yang kuat. Camkan di dalam hati bahwa gaya hidup sehat berarti bebas dari kolesterol, diabetes, dan penyakit dalam lainnya. Dengan begitu, ketika rasa malas melanda, kita bisa mengingat motivasi tersebut dan tetap berusaha untuk mewujudkannya.

  2. Minta bantuan dari keluarga. Tidak mungkin rasanya menerapkan gaya hidup sehat seorang diri. Untuk itu, kita bisa kok minta bantuan dan kerja sama dari keluarga. Caranya sederhana, bisa dimulai dari menjaga menu makan setiap hari, mengurangi konsumsi gorengan, buat aktivitas outdoor setiap akhir pekan, dan lain sebagainya. Mengajak keluarga untuk perlahan-lahan mengubah gaya hidup mereka juga akan membawa dampak positif pada keseharian. Kita juga bisa mengajak keluarga untuk melakukan olahraga bersama secara rutin setiap akhir pekan. Tentunya, jika Anda mengajak anggota keluarga yang sudah lansia, Anda harus menerapkan tips olahraga aman untuk lansia agar mereka tidak menggalami masalah kesehatan akibat aktivitas ini.
  3. Ubah pola makan. Gaya hidup sehat juga erat kaitannya dengan pola makan yang kita terapkan setiap hari. Hindari makanan-makanan yang berlemak seperti gorengan, daging, atau bahkan fast food. Rutinlah mengonsumsi sayuran dan buah, serta makanan-makanan yang rendah kolesterol.
  4. Teratur periksa kolesterol. Menjalani gaya hidup sehat tidak hanya berputar pada menjaga pola makan atau rutin olahraga saja. Kita juga harus rajin melakukan pemeriksaan kolesterol untuk memantau kadar kolesterol jahat (LDL), kolesterol baik (HDL), kolesterol total, dan trigliserida di dalam tubuh.

Itu dia beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kolesterol tidak melonjak naik. Tidak hanya itu, menahan diri agar tidak sampai stres juga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Semoga membantu dan selamat mencoba!

mediaLAINNYAmengurangi kolesterol,sakit kolesterol,tips sehatAda banyak cara menurunkan kolesterol tinggi, salah satunya adalah dengan mengubah gaya hidup kita. Menerapkan gaya hidup sehat dengan bantuan keluarga dan kerabat sekitar, bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi secara signifikan, lho. Mungkin awalnya sulit, namun jika sudah terbiasa rasanya mudah saja, kok. Coba cek bagaimana cara mengubah gaya...Media kumpulan artikel informasi dan tips