Tips Diet ala Jepang dengan gaya hidup mereka ini patut di coba. Beberapa waktu lalu, WHO menyatakan, telah terjadi wabah obesitas global. Lebih dari satu miliar orang dewasa di dunia mengalami kegemukan. Namun, di tengah isu obesitas itu, dikatakan bahwa tingkat obesitas pada masyarakat Jepang dibanding negara-negara maju lain sangat rendah. Jika persentase wanita dewasa di Amerika Serikat yang obesitas adalah 34% dan Australia 22%, di Jepang hanya 3%. Padahal, Jepang terkenal dengan makanannya yang lezat. Bahkan, orang Jepang menganggap kuliner yang sempurna adalah hak asasi mereka. Mengejutkan bukan? Bila tips diet jepangdi telaah lebih lanjut hal ini sangat wajar, karena gaya hidup mereka.

Berikut gaya hidup ala Jepang yang bisa dijadikan tips diet :

Mengunyah makanan Perlahan

Mengunyah makanan mungkin terlihat hal yang sepele, namun bila Anda terbiasa mengunyah makanan secara cepat lebih baik ubah kebiasaan ini karena mengunyah makanan secara perlahan berdampak baik menjaga berat badan. Karena mengunyah lebih lama memberi sugesti kenyang lebih cepat pada tubuh karena otak yang memberi tahu rasa kenyang bekerja selangkah lebih lambat dibanding cara kita makan. Sehingga, jika makan dengan cepat, pada saat Anda tahu bahwa Anda telah kenyang, Anda sudah makan terlalu banyak.

Jika makan dengan perlahan, Anda tahu bahwa Anda sudah kenyang di waktu yang tepat. Anda pun akan berhenti sebelum makan terlalu banyak.Salah satu tips yang bisa membantu mungkin dapat menggunakan sumpit saat Anda makan.

Penting Untuk Sarapan

Tips diet lainnya yaitu sarapan. Sarapan merupakan hal yang penting karena sebagai tenaga awal untuk menjalankan aktivitas, selain itu juga sarapan membantu proses metabolisma yang berarti juga pembakaran lemak tubuh. Pentingnya sarapan yang mencukupi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan serat membuat orang Jepang total dalam mempersiapkan sarapan mereka, bangun pagi untuk semangkuk nasi, sup miso,tofum ikan,omelet dan sebagainya yang bermanfaat bagi tubuh.

Hara Hachi Bu

Salah satu moto atau nasihat yang masih ada hingga sekarang adalah “hara hachi bu” yang memiliki arti, makanlah sampai Anda 80% kenyang bukan benar-benar kenyang, Karena jika Anda terbiasa makan hingga kenyang, lambung akan terbiasa dengan porsi besar setiap waktu dan menjadikan Anda mudah lapar. Hara hachi bu ini juga menjadi salah satu metode diet di Okinawa.

Kukus dan Rebus

Bahan makanan yang sehat belum tentu sehat, ini tergantung bagaimana Anda mengolahnya. Mengolah makanan dengan cara kukus dan rebus menjadi pilihan yang mayoritas dilakukan di Jepang tanpa mengurangi rasa ataupun kenikmatan makanan yang disajikan. Keuntungan lainnya kadar lemak lebih rendah,

Bento

Bukan rahasia lagi kalau orang Jepang sangat kreatif dengan bento mereka dan budaya ini berlangsung hingga sekarang. Keuntungan membawa bento tentu saja banyak, misalnya untuk menjaga berat.

Gaya hidup ini tentu mudah untuk dijadikan sebagai tips diet Anda. (mew)

 

http://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2013/09/sharma-obesity-japan-e1448114371104.jpghttp://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2013/09/sharma-obesity-japan-150x150.jpgmediaFIT & DIETKESEHATANcara diet,diet jepang,hidup sehat,hidup sehat jepang,pola diet,Tips dietTips Diet ala Jepang dengan gaya hidup mereka ini patut di coba. Beberapa waktu lalu, WHO menyatakan, telah terjadi wabah obesitas global. Lebih dari satu miliar orang dewasa di dunia mengalami kegemukan. Namun, di tengah isu obesitas itu, dikatakan bahwa tingkat obesitas pada masyarakat Jepang dibanding negara-negara maju lain sangat...Media kumpulan artikel informasi dan tips