Faktor Penentu Tarif Premi Asuransi

Hampir semua orang yang sudah bekerja memiliki asuransi. Setidaknya, asuransi yang disediakan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Namun, banyak juga yang memilih untuk memberikan proteksi tambahan pada dirinya dengan membeli asuransi secara pribadi. Apalagi cukup banyak perusahaan asuransi yang menawarkan tarif premi asuransi murah sehingga tidak akan terasa memberatkan keuangan.

Yap, premi memang menjadi salah satu hal penting yang dipertimbangkan saat memilih perusahaan asuransi. Namun, pernahkah Anda berpikir kenapa dengan perusahaan asuransi dan produk yang sama, Anda bisa saja menerima tarif premi yang berbeda dengan orang lain? Nah, jika Anda penasaran, yuk kita bahas saja berbagai faktor penentu tarif premi berikut ini:

  • Usia

Semakin tua usia pemegang polis, maka akan semakin besar juga biaya premi yang harus dibayarkan. Sebab semakin bertambahnya usia seseorang akan meningkatkan berbagai risiko yang mungkin muncul.

  • Riwayat kesehatan

Seseorang yang sudah memiliki riwayat penyakit tertentu akan diberikan tarif lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak. Bahkan, banyak juga perusahaan asuransi yang langsung menolak seseorang dengan riwayat penyakit tertentu. Tidak hanya riwayat pribadi calon pemegang polis, terkadang perusahaan asuransi juga akan mempelajari riwayat penyakit keluarga untuk melihat risiko penyakit turunan.

  • Jenis kelamin

Faktor ini memang terkesan diskriminatif, tetapi kenyataannya masih banyak perusahaan asuransi yang menjadikan hal ini penentu tarif premi. Sebab, mereka percaya bahwa wanita memiliki usia yang lebih panjang daripada laki-laki.

  • Lama polis

Semakin lama usia polis, maka akan semakin tinggi biaya premi yang harus dibayarkan. Sebab dengan lamanya polis, berarti semakin besar juga risiko yang harus ditanggung oleh perusahaan asuransi.

  • Tinggi dan berat badan

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa berat badan berlebih akan meningkatkan seseorang menderita penyakit tertentu. Namun sebenarnya, selain berat badan, orang yang memiliki tinggi di atas normal juga rentan terhadap berbagai penyakit. Itulah sebabnya kedua hal ini dijadikan faktor penentu tarif premi asuransi.

  • Gaya hidup

Apakah seseorang terbiasa mengonsumsi minuman beralkohol? Atau punya kebiasaan merokok? Dan berbagai gaya hidup lain yang berhubungan dengan kesehatan akan mempengaruhi besar tarif premi.

  • Pekerjaan

Seseorang yang memiliki pekerjaan dengan tingkat risiko tinggi akan dibebankan tarif premi yang lebih besar dibandingkan dengan pekerjaan yang tergolong aman.

  • Plan asuransi

Semakin besar nilai pertanggungan yang ingin Anda peroleh, tentu saja akan semakin besar juga tarif premi yang harus dibayarkan. Sebab, uang pertanggungan yang akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi sebenarnya berasal dari uang premi yang dibayarkan oleh pemegang polis dan kemudian dikelola.

Nah, sekarang sudah tahu kan kenapa tarif premi bisa berbeda-beda? Jadi, bagi Anda yang ingin mendapat tarif premi asuransi jiwa yang lebih murah, sudah tahu kana pa yang harus dilakukan?  (Vita)