Kehidupan serba cepat masa kini kadang membuat kita selalu terpaku di meja menatap layar komputer selama berjam-jam tanpa beranjak dari kursi. Ditambah dengan seringnya kita mengonsumsi junk food dan sedikitnya waktu untuk berolahraga, tidak heran jika celana kita mulai terasa kekecilan dan berat badan kita tiba-tiba melejit ketika melangkah ke atas timbangan. Biasanya ketika ini sudah terjadi, kita mulai mencari-cari cara menurunkan berat badan dengan cepat. Mulai dari obat-obatan hingga diet yang mungkin pada saat itu populer akan dicoba. Akan tetapi, apakah semua itu dapat menghilangkan berat badan dengan cara yang sehat? Diantara banyaknya metode untuk menurunkan berat badan, ada beberapa metode yang sebaiknya dihindari karena dapat mengganggu kesehatan.

Berikut adalah hal-hal yang sebaiknya dihindari ketika mencoba menurunkan berat badan.

  • Diet rendah kalori yang ekstrem, diet kelaparan, dan puasa di luar batas wajar mungkin akan mengurangi berat badan, tetapi massa otot akan ikut hilang dan metabolisme akan menurun. Kecuali dibawah pengawasan dokter, jangan mengurangi asupan kalori hingga di bawah 1200 per hari. Ketika kalori di bawah 1200 per hari, asupan nutrisi akan terhambat dan energi sehari-hari akan sangat berkurang.
  • Suplemen yang banyak menjanjikan juga sebaiknya diwaspadai, dan lebih baik untuk bertanya kepada dokter sebelum memakai suplemen tersebut.
  • Diet detoks juga berisiko dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit, dan lain-lain. Jika ingin membersihkan atau mendetoksifikasi badan, lebih baik untuk banyak minum air dan makan makanan berserat.
  • Bentuk purging apapun lebih baik dihindari. Mulai dari memaksa muntah, menyalahgunakan obat pencahar, dan hanya mengunyah makanan nantinya akan memupuk eating disorders dan asam yang sudah kena makanan ketika dipaksa naik lagi akan mengerosi esofagus dan mulut.
  • Olahraga berlebihan dapat meningkatkan risiko cedera, dehidrasi, dan kerusakan pada tubuh. Direkomendasikan olahraga sewajarnya saja.
  • Obat-obatan di luar obat penurun berat badan yang diresepkan dokter juga lebih baik dihindari, apalagi jika obat-obatan tersebut ilegal.

Walaupun cara-cara yang sudah disebutkan di atas mungkin dapat menurunkan berat badan, tetapi dampak buruk kepada kesehatan kita tidaklah sepadan dengan hilangnya berat badan. Lebih baik kita diet dengan makan makanan sehat dan berolahraga yang wajar.

mediaLAINNYAKehidupan serba cepat masa kini kadang membuat kita selalu terpaku di meja menatap layar komputer selama berjam-jam tanpa beranjak dari kursi. Ditambah dengan seringnya kita mengonsumsi junk food dan sedikitnya waktu untuk berolahraga, tidak heran jika celana kita mulai terasa kekecilan dan berat badan kita tiba-tiba melejit ketika melangkah...Media kumpulan artikel informasi dan tips