Penderita penyakit diabetes di tahun 2000 berjumlah sekitar 8,4 juta, diprediksi meningkat menjadi 21,3 juta di tahun 2030 nanti. Meningkatnya jumlah penderita penyakit diabetes salah satunya adalah karena gaya hidup yang jauh dari kata sehat.

Selain menjaga pola hidup sehat, hal-hal eksternal seperti berikut ini dapat membantu dalam mencegah/mengetahui keadaan tubuh kita, beruntungnya kini banyak alat-alat kesehatan yang mudah didapat hanya dengan membelinya di toko alat kesehatan.

  1. Tes Dengan Glukometer

Glukometer adalah alat untuk mengetahui kadar gula darah. Menggunakan alat ini tergolong simple karena dapat dilakukan sendiri di rumah, alatnya pun dapat dibeli di toko alat kesehatan terpercaya yang dekat dengan Anda. Hasil alat glukometer ini tidak memiliki akurasi yang sempurna, namun alat ini bisa dijadikan patokan kita untuk

akibat obesitas

melakukan tes lebih lanjut lagi di rumah sakit untuk hasil yang lebih akurat.

  1. Rajin untuk melakukan cek tekanan darah, karena pada penderita diabetes tekanan darah menjadi tinggi. Angka normal adalah di bawah 130/80
  2. Waspadai jika mendapat luka pada tubuh, walaupun luka itu tergolong ringan tetapi pada penderita diabetes luka akan menjadi tidak sembuh-sembuh terutama luka pada kaki. Jika Anda mendapat luka yang harusny tergolong ringan tapi sulit untuk sembuh maka sebaiknya segera memeriksakan diri ke rumah sakit.
  3. Tes Mata, Jika memiliki diabetes, biasanya dokter mata akan melakukan pemeriksaan mata membesar, ketika pupil mata membesar, untuk memeriksa tanda-tanda diabetes retinopati.
  4. Memperhatikan berat badan, karena berat badan yang semakin tidak ideal akan semakin membuat Anda mendekati kemungkinan menderita diabetes. Pada faktanya adalah penderita diabetes banyak yang berasal dari obesitas yang dialami.
  5. Lakukan pemeriksaan ke dokter secara teratur untuk memungkinkan deteksi dini dan pencegahan komplikasi diabetes. Jadwal pemeriksaan kesehatan biasanya ditetapkan berdasarkan lamanya menderita diabetes dan perkembangan kompliksai diabetes, sehingga jadwal masing-masing pasien diabetes akan berbeda.

Untuk mencegah penyakit diabetes tentunya hal yang paling utama adalah dengan menjalankan gaya hidup sehat sejak dini mungkin. Mencegah lebih baik bukan? (Mew)

mediaINFO KESEHATANKESEHATANmengenal diabetes,sakit dabetesPenderita penyakit diabetes di tahun 2000 berjumlah sekitar 8,4 juta, diprediksi meningkat menjadi 21,3 juta di tahun 2030 nanti. Meningkatnya jumlah penderita penyakit diabetes salah satunya adalah karena gaya hidup yang jauh dari kata sehat. Selain menjaga pola hidup sehat, hal-hal eksternal seperti berikut ini dapat membantu dalam mencegah/mengetahui keadaan tubuh...Media kumpulan artikel informasi dan tips