Bagi Anda yang hobi mengoleksi produk perawatan kulit wajah dan juga make up, pastinya pernah merasakan kebingungan kapan sebuah produk dinyatakan sudah kedaluarsa dan tidak bisa dipakai lagi. Ya, koleksi produk khusus wajah memang menyenangkan namun ada baiknya Anda juga mengetahui kapan harus mengganti produk tersebut karena sudah masuk ke dalam batas kedaluarsa. Meski di bagian kemasan produk sudah kapan waktu kedaluarsa kosmetik, mengetahui kapan produk harus diganti juga tidak salah, lho.

  1. Siapa sangka bedak yang selama ini selalu Anda gunakan ternyata memiliki batas waktu penggunaan? Yap, bedak hanya bertahan selama satu tahun dan jika melewati batas itu, maka sebaiknya Anda jangan menggunakannya lagi. Lantas bagaimana cara mengetahui apakah bedak Anda masih layak pakai atau tidak?
    Kadaluarsa kosmetik
                             Kedaluarsa kosmetik

    Jika bedak Anda adalah bedak tabur, biasanya teksturnya mulai berubah yakni menjadi menggumpal dan tidak berpencar lagi. Dan jika bedaknya adalah bedak padat, maka konturnya akan pecah-pecah dan tidak menyatu lagi.

  2. Liquid foundation. Ini dia salah satu jenis make up yang selalu mencapai batas kedaluarsa sebelum habis isinya. Entah karena isinya yang cukup banyak dalam satu wadah atau bahkan karena Anda hanya menggunakan sedikit dalam sekali pemakaian. Sama seperti bedak, liquid foundation hanya berumur dua tahun sejak awal penggunaan. Ciri-cirinya cukup mudah diidentifikasi, yakni formula liquid-nya akan terlihat terpecah menjadi beberapa bagian dan tidak menyatu lagi.
  3. Meski kita tidak bisa hidup tanpa maskara dan jenis make up ini nyaris kita pakai setiap hari, ternyata maskara harus diganti jika sudah dipakai selama tiga bulan. Yap, maskara tidak boleh dipakai lama-lama setelah dibuka karena dikhawatirkan isinya sudah mengandung zat yang berbahaya untuk kulit dan juga sudah terkontaminasi dengan bakteri. Jadi, jika maskara sudah mulai mengering dan baunya sudah berubah, itu artinya batas umur maskara Anda sudah habis.
  4. Bagi Anda yang tidak bisa hidup tanpa beragam varian warnalipstik, maka Anda harus berhati-hati nih. Pasalnya, lipstik tidak bisa bertahan lama dan hanya bisa dipakai maksimal 2 tahun. Ciri-cirinya pun mudah dikenali, yaitu mulai mengering dan sedikit berminyak, baunya sudah berubah, dan tidak enak lagi diaplikasikan di bibir.

Tidak hanya produk yang telah disebutkan di atas saja loh yang punya kadaluarsa, tetapi semua produk kecantikan juga memiliki masa kadaluarsa. Termasuk, jika produk ini bukan buatan pabrik, atau buatan kita sendiri. Misalnya saja, seperti masker buatan sendiri. Tetap saja, akan memiliki masa kadaluarsa, apalagi karena buatan sendiri biasanya menggunakan bahan alami sehingga terkadang masa kadaluarsanya akan menjadi lebih cepat. Hal ini patut diperhatikan ya, ladies, pasalnya menggunakan produk yang sudah kedaluarsa bisa menimbulkan masalah yang serius pada kulit kita. Jadi, lebih baik berhati-hati.

 

mediaBODY & MINDCANTIKartikel kecantikan,kadaluarsa kosmetik,kedaluarsa kosmetik,makeup,masa kosmetikBagi Anda yang hobi mengoleksi produk perawatan kulit wajah dan juga make up, pastinya pernah merasakan kebingungan kapan sebuah produk dinyatakan sudah kedaluarsa dan tidak bisa dipakai lagi. Ya, koleksi produk khusus wajah memang menyenangkan namun ada baiknya Anda juga mengetahui kapan harus mengganti produk tersebut karena sudah masuk...Media kumpulan artikel informasi dan tips