Banyak perusahaan yang menggunakan mobil truk fuso sebagai alat transportasi utama dalam bidang logistik mereka. Sayangnya, banyak pula supir dan yang bertanggung jawab langsung atas mobil truk ini yang tidak mengetahui secara detil atau meremehkan perawatan pada mesin diesel truk yang mereka gunakan. Padahal hal tersebut merupakan hal fatal yang dapat memberikan umur panjang pada truk bermesin diesel. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat mesin diesel truk anda secara efektif.

  1. Jangan dibiasakan untuk mengisi solar ketika tangki bahan bakar sudah hampir kosong. Hal ini dapat merusak
    rem blong
    rem blong

    pompa injeksi dengan cepat. Maksimal jika tangki bahan bakar hanya tersisa 1/3 dari keseluruhan isi, segera diisi kembali dengan solar. Jika pompa injeksi sudah terlanjur rusak, jangan dibirkan berlama – lama atau dibawa ke montir amatir, segeralah bawa ke bengkel truk resmi.

  2. Bersihkanlah filter udara minimal setiap 20km sekali. Debu tidak baik untuk mesin diesel karena dapat mempercepat keausan ruang bakar. Debu yang masuk menjadi bahan pengasah antara silinder dan ring piston yang menjadi penyebab percepatan keausan ruang bakar.
  3. Bersihkanlah filter solar agar tidak mudah rusak dan tidak menyimpan sampah yang terlanjur banyak. Jika terlanjur rusak, segeralah diganti di bengkel resmi agar tidak terjadi penyumbatan dan pembersihan solar dapat terjadi secara optimal. Ada baiknya juga jika anda membuang air dari saringan solar secara rutin dan mengganti part tersebut setelah mencapai angka 16,000 km.
  4. Hal penting yang perlu diperhatikan lebih utama adalah baterai atau aki, kabel – kabel konektor dan busi. Ketiga hal ini termasuk penting agar mesin diesel pada truk masih dapat menyala tanpa bantuan dari luar. Khusus untuk aki, anda bisa memperhatikan beberapa hal seperti memeriksa jumlah elektrolit aki, memeriksa terminal aki, tune up secara rutin dan selalu panaskan mesin truk sebelum digunakan minimal 5-10 menit.
  5. Hal lain yang perlu diperhatikan namun jarang mendapat perhatian adalah kampas rem. Periksa dan bersihkanlah posisi kebersihan tromol dan piringan cakram, terutama bagian penampang dudukan cakram. Bersihkanlah kaliper dan pin fleksibel rem agar tekanan pada kampas rem sama rata. Pastikan selalu agar minyak rem dan bearing roda terlumasi dengan baik, jangan lupakn untuk memberikan pelumasan secara rutin. Dengan perawatan sistem rem berkala, kecelakaan akibat rem blong dapat diminimalisir.

Tetap perhatikan dan rawatlah mesin diesel anda secara rutin dan teratur, maka mesin diesel anda akan awet dan tidak rewel saat dibawa untuk perjalanan bisnis.

mediaLAINNYABanyak perusahaan yang menggunakan mobil truk fuso sebagai alat transportasi utama dalam bidang logistik mereka. Sayangnya, banyak pula supir dan yang bertanggung jawab langsung atas mobil truk ini yang tidak mengetahui secara detil atau meremehkan perawatan pada mesin diesel truk yang mereka gunakan. Padahal hal tersebut merupakan hal fatal...Media kumpulan artikel informasi dan tips