Sushi. Banyak orang yang jatuh cinta dengan makanan khas Jepang ini. Di Indonesia sendiri, restoran Jepang yang menyajikan sushi juga sangat menjamur. Hal ini didukung pula dengan minat masyarakat Indonesia yang sangat tinggi terhadap salah satu kudapan khas Jepang ini.

Namun demikian, ternyata banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara menyantap sushi yang tepat, lho. Beberapa chef ala Jepang bahkan mengakui bahwa selama ini masih banyak salah kaprah tentang cara penyantapan sushi yang benar. Beginilah cara memakan sushi dengan benar menurut chef ternama:

  1. Tidak semua jenis sushi harus dimakan dengan sumpit. Selama ini, kita cenderung menggunakan sumpit untuk memakan semua jenis sushi. Padahal, beberapa jenis sushi seperti sushi roll (yang menggunakan nasi dan digulung dengan nori) misalnya, lebih baik dimakan dengan tangan dibanding dengan menggunakan sumpit. Ambil sushi roll dengan tangan dan celupkan di shoyu sebelum dimakan.
  2. Wasabi dan shoyu dipisah dalam dua mangkuk. Masyarakat Indonesia sering melakukan kesalahan ini: mengambil sesendok wasabi dan ditaruh di dalam mangkuk, lalu mencampurkannya dengan shoyu. Padahal, wasabi dan shoyu tidak seharusnya disatukan dalam satu mangkuk. Sebab jika kita melakukan itu, aroma wasabi akan menghilang karena tertutup oleh shoyu dan rasanya pun menjadi bertabrakan. Pisahkan wasabi dan juga shoyu dalam dua mangkuk untuk mendapatkan cita rasa yang lebih kuat.
  3. Jahe dimakan setelah selesai makan sushi. Beberapa restoran sushi yang otentik selalu menyediakan jahe di meja untuk disantap oleh pengunjungnya. Namun, jangan salah kaprah nih. Jahe tersebut bukan untuk dimakan sembari menunggu pesanan sushi datang, melainkan untuk dimakan setelah sushi habis disantap. Jahe ini berfungsi untuk menetralkan rasa setelah memakan sushi.
  4. Cara mencelupkan sushi ke shoyu. Coba perhatikan, bagaimana cara kalian memakan sushi dengan shoyu? Mencelupkannya sehingga seluruh permukaan sushi terlumuri dengan shoyu atau hanya dicelupkan ujung-ujungnya saja sebelum dimakan? Nah, ternyata ada trik tersendiri untuk memakan sushi dengan shoyu. Untuk sushi berjenis sushi roll, cukup celupkan ujung sushi ke dalam cairan shoyu. Untuk sushi jenis nigirizushi atau sushi berbentuk nasi dengan topping (biasanya ikan) di atasnya, celupkan sushi pada bagian topping dan bukan pada nasinya.

Itu dia empat cara makan sushi yang benar menurut para chef. Hayoo ngaku, pastinya kalian sering menerapkan kesalahan-kesalahan yang telah disebutkan, bukan? Gimana siap untuk menerapkannya dalam waktu dekat? Yuk, cari restoran sushi untuk mencobanya 😀

mediaLAINNYASushi. Banyak orang yang jatuh cinta dengan makanan khas Jepang ini. Di Indonesia sendiri, restoran Jepang yang menyajikan sushi juga sangat menjamur. Hal ini didukung pula dengan minat masyarakat Indonesia yang sangat tinggi terhadap salah satu kudapan khas Jepang ini. Namun demikian, ternyata banyak yang belum tahu tentang bagaimana cara...Media kumpulan artikel informasi dan tips