Memiliki website yang baru untuk usaha ataupun bisnis memang sangat disarankan, namun memiliki website bukan berarti bisnis Anda akan terbantu. Website yang baru dibuat atau bahkan yang lama sekalipun perlu dioptimasi agar semakin maksimal dan dapat berkompetisi dengan website lainnya.

Untuk melakukan optimasi website yang baru, Anda bisa berkonsultasi dengan digital agency atau mungkin bisa Anda praktekkan sendiri. Berikut beberapa hal mendasar yang perlu Anda lakukan untuk melakukan optimasi website yang baru:

  1. Cek Apakah Web Anda sudah Ter-index Google

Untuk melakukan pengecekan, cukup mudah.  Ketik kaat kunci seperti ini di kolom pencarian Google Search : site:namawebsitekamu.com

Setelahnya, maka semua hasil pencarian nantinya adalah semua halaman web Anda yang sudah ter-index Google. Namun, ada kemungkinan juga jika ternyata web Anda belum terindex, atau dari sekian banyak url/ halaman website hanya terindex beberapa saja. Jika hal ini terjadi, artinya Anda perlu untuk submit website secara manual dengan Google submit url. Jika Anda ingin submit otomatis, mau tidak mau kamu harus mengintegrasikan web kamu dengan Google Search Console.

  1. Konten webiste berkualitas

Isi website Anda dengan konten teks yang banyak, lakukan  update secara berkala, tetapi hindari copy paste dari website lain. Konten teks ini akan membuat robot google menyukai website Anda, selain itu indexing terhadap konten ini dapat mendatangkan trafik .jika website Anda berisi artikel berkulitas yang dapat menjawab kebutuhan pengguna pencarian Google, otomatis mesin pencari pun akan suka dengan website Anda.

  1. Kecepatan Loading dan Kompatibilitas antar-device

Loading time atau kecepatan loading suatu website sangat berpengaruh. Ketika website Anda lama maka pengunjung website akan segera menutup halaman web hanya dalam waktu yang singkat saja, hal ini akan mempengaruhi penilaian Google untuk website Anda.

Dengan adanya algoritma Google terbaru, pastikan website Anda sudah mendukung jika dibuka dengan menggunakan perangkat mobile.

Secara umum, untuk mengetahui performa website secara umum khusus pada bagian ini, Anda bisa mengecek langsung melalui tools milik Google berikut g.co/mobilefriendly. Disana, Anda cukup memasukkan URL website dan tunggu beberapa saat hingga akhirnya muncul hasil audit serta rekomendasi yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan performa website.

mediaLAINNYAMemiliki website yang baru untuk usaha ataupun bisnis memang sangat disarankan, namun memiliki website bukan berarti bisnis Anda akan terbantu. Website yang baru dibuat atau bahkan yang lama sekalipun perlu dioptimasi agar semakin maksimal dan dapat berkompetisi dengan website lainnya. Untuk melakukan optimasi website yang baru, Anda bisa berkonsultasi dengan...Media kumpulan artikel informasi dan tips