Demi mendapatkan tubuh yang ideal berbagai cara mengecilkan perut dan menurunkan berat badan pun dilakukan oleh orang-orang. Ada yang menggunakan cara alami seperti mengongsumsi obat herbal, membatasi makanan, olahraga, hingga menggunakan cara-cara ekstrim yang tidak lazim. Sebut saja dengan cara mengecilkan lambung melalui operasi atau “menaruh” cacing pita di dalam usus.

Cara ekstrim tadi juga bukan sesuatu yang asing. Sudah banyak orang yang menggunakan cara ekstrim tersebut, terutama mereka yang menginginkan hasil cepat tanpa perlu usaha yang berat. Apa sajakah cara mengecilkan perut dan mengurangi lemak yang ekstrim ini? Berikut beberapa cara ekstrim tersebut:

Liposuction

Liposuction atau yang lebih dikenal dengan sebutan sedot lemak ini sudah lama dikenal  di negara asalnya, Amerika, sejak tahun 1982. Prosedurnya adalah pasien diberu obat bius kemudian pada bagian yang ingin dihilangkan lemaknya akan dilubangi. Pada lubang ini, dokter akan memasukkan cairan pelarut lemak, setelah hancur, lemak-lemak tersebut akan disedot dengan selang melalui lubang-lubang tadi. Proses operasi  ini memakan waktu yang beragam sekitar 1-2 jam, tergantung seberapa banyak bagian yang ingin dilunturkan lemaknya. Pasien nantinya bisa langsung pulang ke rumah dan harus istirahat total serta membatasi aktivitasnya selama masa pemulihan, yakni selama 2 minggu.

Tidak semua orang bisa menggunakan cara ini terutama mereka yang memiliki masalah jantung, anemia, paru-paru dan gangguan perdarahan. Resikonya bisa sangat berbahaya dan bahkan berakhir pada kematian.

Memakan cacing Pita

Cacing pita sebenarnya merupakan parasit yang berbahaya bagi tubuh. Orang yang terinfeksi dengan cacing pita biasanya memiliki tubuh yang kurus meskipun makan dalam jumlah yang banyak. Ini karena cacing pita yang ada di dalam usus akan menyerap sari-sari makanan tersebut. Itulah mengapa cacing pita menjadi “alat” menurunkan berat badan yang banyak digunakan. Karena meski dengan makan banyak badan akan tetap kurus. Meski begitu, cara ini bukan tidak dengan resiko buruk.

Meski bisa saja nantinya dibunuh dengan obat cacing, namun cacing-cacing pita ini bisa saja berkembang di luar usus dan  justru membahayakan organ tubuh lainnya. Kasus yang paling terbaru terjadi pada seorang remaja putrid di New York, AS, Agustus lalu. Ia datang ke dokter dengan perut yang membesar seperti hamil. Ternyata di dalam perutnya telah berkembang biak puluhan cacing pita. Mengerikan.

Pemisahan lambung

Operasi pemotongan lambung ini dinamakan Roux-EN-Y Gastric Bypass atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gastric Baypass. Pada prosedur ini, lambung dipisah menjadi dua bagian, yakni satu bagian kecil  di atas serta satu bagian yang lebih besar di bagian bawah. Kedua bagian ini nantinya akan dihubungkan pada usus halus. Ukuran lambung yang lebih kecil ini membuat orang tersebut menjadi lebih cepat kenyang meski hanya makan sedikit. Penurunan berat badan dari cara ini bisa sangat drastic, yakni hingga 40% dari berat sebelumnya. Penurunan yang drastis ini tentunya dibarengi dengan efek yang lain, yakni dumping syndrome, yakni sindrom yang diakibatkan hasil pencernaan yang terlalu cepat karena makanan langsung masuk ke usus kecil.

Penggunaan cara ini tidak terlalu disarankan dan sebaiknya hanya dilakukan bila berbagai cara untuk menurunkan berat badan sudah dilakukan, namun tidak berhasil, sementara berat badan telah melewati batas normal.

Cara-cara ekstrim tadi memang bisa memberikan hasil yang lebih cepat, namun juga memiliki efek jangka panjang yang tidak selalu bagus. Karenanya, pikirkanlah matang-matang sebelum melakukannya.

mediaLAINNYADemi mendapatkan tubuh yang ideal berbagai cara mengecilkan perut dan menurunkan berat badan pun dilakukan oleh orang-orang. Ada yang menggunakan cara alami seperti mengongsumsi obat herbal, membatasi makanan, olahraga, hingga menggunakan cara-cara ekstrim yang tidak lazim. Sebut saja dengan cara mengecilkan lambung melalui operasi atau “menaruh” cacing pita di...Media kumpulan artikel informasi dan tips