Sudah merasakan bagaimana rasanya pesona menawan dari danau tiga warna yang bisa dilihat langsung di situs ITX Indonesia? Atau sudah pernah mendengar bila ada danau tiga warna yang memberikan pemandangan alam super keren di Indonesia? Jika belum, kamu disarankan banget nih mengunjungi danau tiga warna yang ada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Dijamin, saat kamu berkunjung ke danau yang memiliki keindahan alam sangat memesona ini, maka kamu pun akan langsung dibuat takjub. Sebab, pemandangan yang disuguhkan memang dapat

danau tiga warna
danau tiga warna

menyegarkan mata yang lelah.

Adalah Danau Kelimutu Ende yang berlokasi di kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Danau dengan pesona tiga warnanya ini berada di ketinggian sekitar 1.631 di atas permukaan laut. Meski, berada di atas ketinggian, namun pengunjung yang mendatangi danau ini pun tidak pernah sepi bahkan setiap harinya semakin bertambah. Terutama, untuk para pengunjung yang memang sangat cinta dengan alam dan traveller sejati.

Konon katanya danau dengan alam yang sangat menawan ini masih menyimpan misteri, dimana sampai sekarang belum diketahui dari manakah berasal danau tiga warna ini. Namun, menurut penelitian yang telah dilakukan, danau tiga warna ini pun muncul karena adanya kandungan lumut, mineral, sekaligus bebatuan yang meliputi air di dalam danau. Orang pertama yang menemukan danau dengan warna hitam, biru muda, dan hijau ini bernama Van Such Telen pada tahun 1915. Dulunya, Van Such Telen ini melihat danau dengan warna merah, putih, dan biru. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu danau ini berubah warna.

Menurut masyarakat setempat, adanya perubahan yang dikeluarkan oleh ketiga warna danau ini dipercaya mampu

danau tiga warna
danau tiga warna

mendeteksi kejadian alam yang akan terjadi di Indonesia. Sebut saja, di tahun 1992 silam, salah satu danau berubah menjadi coklat kemerahan, dan di tahun yang sama Flores pun ditimpa bencana gempa. Dan, sekitar tahun 2004 danau ini kembali berubah dan sangat bertepatan dengan tsunami yang menimpa Nanggroe Aceh Darussalam.

Untuk yang ingin berkunjung ke danau ini, maka cukup melewati kota Ende di Flores dengan memakan waktu selama 40 menit. Dan apabila mengunjungi danau ini di bulan Agustus, kamu pun dapat melihat langsung festival yang diadakan oleh masyarakat setempat.

Gimana? Tertarik untuk melihat pesona alam yang disuguhkan oleh Danau Kelimutu Ende dengan tiga warna ini? –SH–

 

mediaTEMPAT WISATATRAVELSudah merasakan bagaimana rasanya pesona menawan dari danau tiga warna yang bisa dilihat langsung di situs ITX Indonesia? Atau sudah pernah mendengar bila ada danau tiga warna yang memberikan pemandangan alam super keren di Indonesia? Jika belum, kamu disarankan banget nih mengunjungi danau tiga warna yang ada di provinsi...Media kumpulan artikel informasi dan tips