Banyak lapangan futsal yang menggunakan rumput sintetis sebagai karpet futsal. Namun sebenarnya lapangan futsal tidak selalu menggunakan rumput sintetis sebagai dasar lapangannya. Ada beberapa jenis lapangan futsal berdasarkan dari bahan dasar pembuat lapangannya, tentunya semua punya kelebihan dan keruangannya masing-masing. Berikut ini jenis lapangan futsal berdasarkan dari bahan pembuatan dasar lapangannya:

  • Parquette / Parket

Penggunaan parket untuk lapangan futsal termasuk jarang. Biasanya parket di gunakan di GOR atau di lapangan bulu tangkis. Material parket

sangat kasat, sehingga tidak licin ketika berlari diatasnya.

Ada dua jenis parket yaitu:

jenis lapangan
jenis lapangan

o   Parket Laminate

Parket jenis ini dapat bertahan hingga 10 tahun untuk publik area.

o   Parket Solid Jati

Parket jenis ini lebih awet dibandingkan dengan parket laminate. Kelebihan lainnya yaitu jika warnanya pudar karena susut, bisa di coating ulang sehingga akan terlihat seperti baru lagi.

  • Vinyl

Bahan dasarnya menyerupai karet karena itu sering juga disebut rubber. Bahan ini secara internasional di akui sebagai produk resmi untuk futsal. Penggunaan vinyl tidak hanya untuk futsal saja, tetapi juga untuk olahraga lainnya. Permukaannya lembut dan rata, namun untuk pemakaian jangka panjang lapisan bagian atasnya sering terlepas menyebabkan permukaan yang menonjol di beberapa bagian tertentu.

  • Taraflex

Terbuat dari bahan polyethyle, yaitu bahan seperti biji plastik yang diolah menjadi material yang cukup keras, bahan ini termasuk awet untuk lapangan futsal. Lapangan dengan bahan ini tidak licin dan juga rata, namun bagian atas lapangan ini mudah terkelupas karena lapangan ini terdiri dari beberapa lapisan.

  • Karpet Plastik

Terbuat dari polypropylene, meski sama terbuat dari plastik namun lapangan ini berbeda dengan taraflex. Jenis ini terdiri dari ratusan lembaran plastik yang dapat di lepas dan dirangkai kembali sehingga mudah jika ingin di pindahkan. Namun karena terdiri dari beberapa bagian maka permukaan lapangan ini tidak begitu rata.

  • Rumput Sintetis

Sebenarnya bahan ini digunakan bukan untuk futsal, melainkan indoor soccer. Namun bahan ini justru menjadi bahan yang umum di gunakan untuk lapangan futsal. Material bahan ini lembut karena menyerupai rumput dan bola juga lebih mudah dikuasai, namun butiran karet yang menyebar di rumput membuat kulit mudah terluka ketika terjatuh.

  • Semen

Lapangan futsal dengan bahan ini merupakan yang paling mudah dan murah pembuatannya. Biasanya lapangan dengan bahan ini di temukan di kota-kota yang tidak terlalu besar. Penggunaan semen untuk lapangan futsal sangat ekonomis karena akan bertahan lama, namun permukaannya yang keras memungkinkan terjadinya cedera.

mediaLAINNNYAfutsal,jenis lapangan,lapangan futsalBanyak lapangan futsal yang menggunakan rumput sintetis sebagai karpet futsal. Namun sebenarnya lapangan futsal tidak selalu menggunakan rumput sintetis sebagai dasar lapangannya. Ada beberapa jenis lapangan futsal berdasarkan dari bahan dasar pembuat lapangannya, tentunya semua punya kelebihan dan keruangannya masing-masing. Berikut ini jenis lapangan futsal berdasarkan dari bahan pembuatan...Media kumpulan artikel informasi dan tips