Online shopping atau belanja online kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Pasalnya, kehidupan masyarakat kini sudah dipenuhi dengan jaringan internet mulai dari fiber internet hingga layanan mobile internet yang ada di perangkat ponsel mereka. Masyarakat bisa dengan mudah mencari benda apa yang ingin mereka beli dan tanpa perlu susah payah untuk datang ke toko. Bagi para pegiat bisnis, usaha online adalah lahan segar yang bisa meraup keuntungan besar dengan modal yang terhitung kecil. Mengapa demikian?

  1. Pangsa pasar lebih luas. Jaringan online memungkinkan kita untuk menarik pembeli tidak hanya dalam satu wilayah saja melainkan dari seluruh dunia. Sistem belanja online yang memasarkan dagangannya via internet dengan relatable tag atau keywords tertentu membuat siapa pun bisa mengaksesnya. Dengan demikian, Anda bisa menyasar pangsa pasar tidak hanya dalam
    usaha online
                                            usaha online

    satu wilayah saja. Apalagi, kini jasa pengiriman pun semakin banyak dan mencapai ke wilayah pelosok sekalipun.

  2. Tidak perlu bayar sewa toko dan menyewa PR untuk memasarkan barang dagangan Anda. Anda tinggal membeli hosting untuk website yang mumpuni sebagai ‘toko’ virtual Anda. Untuk meluaskan jaringan penjualan, Anda bisa menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasi website Anda agar muncul di halaman pertama. Agar penampilannya lebih menarik, Anda bisa menghias website Anda sekreatif mungkin. Akan tetapi, tetap perhatikan sisi loading time-nya juga yah. Sebab semakin lama waktu yang dibutuhkan sampai halaman website terbuka sempurna, maka pembeli pun akan semakin malas untuk membuka website Anda.
  3. Pembeli bisa bebas memilih apa yang ingin mereka beli. Toko online memudahkan pembeli untuk memilih barang-barang yang disediakan dengan bebas. Anda sebagai penjual tinggal mengakomodasinya dengan menggunakan foto yang jelas dan high-resolution serta mencantumkan deskripsi produk dengan terperinci.
  4. Praktis. Anda bisa bekerja di mana saja dan kapan saja tanpa perlu terikat tempat. Salah satu keuntungan menjadi pemilik toko online shop adalah sisi fleksibilitasnya yang tidak tergantikan. Anda juga tidak perlu dipusingkan dengan kehebohan para pembeli yang memenuhi toko. Anda tinggal mencatat pesanan pembeli, menunggu transferan dari mereka, lalu mengirimkan benda sesuai pesanan. Selesai!

Namun, diantara semua keuntungan tersebut tentulah akan ada juga beberapa kelemahan dari pasar online ini, yaitu sangat bergantung pada koneksi internet. Apa yang bisa dilakukan ketika koneksi internet mati, sementara untuk dapat melakukan promosi atau berhubungan dengan konsumen sangat mengandalkan internet? Karena itulah, agar proses jual beli ini dapat selalu berjalan lancar maka harus menggunakan provider internet yang memiliki koneksi cepat dan stabil. (Tr)

mediaBISNISEkonomibisnis online,online shopping,peluang usaha,toko online,usaha onlineOnline shopping atau belanja online kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Pasalnya, kehidupan masyarakat kini sudah dipenuhi dengan jaringan internet mulai dari fiber internet hingga layanan mobile internet yang ada di perangkat ponsel mereka. Masyarakat bisa dengan mudah mencari benda apa yang ingin mereka beli dan tanpa...Media kumpulan artikel informasi dan tips