Bagi Anda yang memiliki masalah lambung, seperti sakit maag, tentunya perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan atau minuman yang dikonsumsi. Apalagi jika memiliki sakit maag kronis, tentunya mengonsumsi obat maag kronis secara rutin tidak akan efektif jika masih suka mengonsumsi makanan dan minuman secara sembarangan. Mungkin Anda juga sudah sering mendengar kalau penderita sakit maag perlu menjauhi makanan

vitamin c

dan minuman dengan rasa asam. Sebab, rasa asam tersebut bisa memicu kenaikan asam lambung.

Namun, dalam beberapa makanan dan minuman yang memiliki asam terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C ini dapat bermanfaat bagi antioksidan sehingga diperlukan oleh tubuh. Lantas, bagaimana cara penderita sakit maag mendapatkan asupan vitamin C? Apakah benar vitamin C dapat memicu asam lambung naik?

Vitamin C merupakan asam askorbat yang sangat diperlukan oleh tubuh. Meskipun bersifat asam, pasalnya asam askorbat juga berperan dalam melindung lambung. Berdasarkan penelitian, kekurangan asam askorbat merupakan salah satu faktor yang dapat memicu munculnya kanker lambung. Selain itu, kekurangan asam askorbat juga dapat memperlambat pembasmian bakteri Helicobacter Pylori yang merupakan salah satu penyebab sakit maag. (alodokter.com)

Akan tetapi, bagi orang-orang yang memiliki lambung sensitif dan masalah asam lambung memang perlu membatasi konsumsi vitamin C. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dengan asam tinggi seperti jeruk, tomat, memang sering dikaitkan dengan kenaikan asam lambung. Namun tenang saja, penderita asam lambung atau sakit maag boleh mengonsumsi vitamin C dengan kandungan asam yang rendah dan asalkan tidak melebihi jumlah kebutuhan harian.

Untuk mencegah risiko naiknya asam lambung setelah mengonsumsi vitamin C, ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Konsumsi setelah makan. Supaya aman dari risiko asam lambung, sebaiknya jangan mengonsumsi vitamin C dalam keadaan perut kosong. Konsumsilah makanan yang cukup terlebih dahulu agar lambung siap menerima makanan yang bersifat asam.
  • Memilih suplemen berkualitas. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin C, maka pilihlah suplemen yang tidak banyak mengandung asam, sehingga aman untuk lambung.

Itulah penjelasan sederhana mengenai vitamin C dan sakit maag. Jika sudah mengikuti beberapa tips di atas tetapi masih merasakan gejala sakit maag setelah mengonsumsi vitamin C, segeralah pilih jenis obat untuk mengatasi sakit maag yang paling sesuai dan hubungi dokter jika gejala tak kunjung reda. Semoga bermanfaat! (Rima)

mediaLAINNYAartikel kesehatan,asam lambung,sakit maag,vitamin cBagi Anda yang memiliki masalah lambung, seperti sakit maag, tentunya perlu lebih berhati-hati dalam memilih makanan atau minuman yang dikonsumsi. Apalagi jika memiliki sakit maag kronis, tentunya mengonsumsi obat maag kronis secara rutin tidak akan efektif jika masih suka mengonsumsi makanan dan minuman secara sembarangan. Mungkin Anda juga sudah...Media kumpulan artikel informasi dan tips