Ada beberapa hal yang sering kita alami. Mulai dari perut yang terasa nyeri, keinginan untuk makan yang bertambah meski tidak sedang meminum ekstrak kunyit, hingga mengalami iritasi kulit di area paha. Namun demikian, hal-hal tersebut bukannya tidak bisa diatasi. Kita bisa kok mengatasinya dengan cara mudah: kalau kulit kita terasa iritasi saat haid, coba trik berikut ini, ya:

  1. Rajin mengganti pembalut. Hal ini pastinya sudah kamu ketahui, ya. Yap, untuk alasan kebersihan dan kesehatan, ada baiknya kamu rajin mengganti pembalut ketika sedang haid, terlebih ketika di hari-hari pertama. Kebiasaan ini juga membantumu terhindar dari kemungkinan iritasi karena kebersihan di area tersebut tetap terjaga. Gantilah pembalut setiap beberapa jam sekali dan hindari menggunakan satu pembalutmenstruasidalam waktu yang lama.
  2. Hindari mengenakan celana ketat. Ternyata, celana ketat dan iritasi kulit saat haid memiliki keterkaitan, lho. Sebab ketika sedang haid, area kewanitaan kita menjadi lebih lembap dibanding biasanya.Nah, ketika kita menggunakan celana ketat, maka sirkulasi udara menjadi lebih terbatas dan membuat bagian tersebut menjadi lebih lembap. Dikhawatirkan akan tumbuh jamur dan membuat kulit menjadi mudah iritasi. Pilihlah celana dalam berbahan katun dan bawahan yang tidak ketat, ya.
  3. Gunakan bedak. Jika area kulit sudah telanjur iritasi, sebaiknya segera atasi dengan menggunakan bedak. Kita bisa menaburkan bedak di area paha bagian dalam atau di tempat yang mengalami iritasi. Namun demikian, harap berhati-hati agar tidak mengenai area kewanitaan, ya.
  4. Jaga kebersihan sehabis buang air. Setelah buang air, ada baiknya bersihkan area kewanitaan secara menyeluruh. Sebab ketika sedang haid, darah bisa menempel di mana saja. Bersihkan selalu area lipatan-lipatan yang mungkin terkena darah. Tidak hanya itu, setelah membasuh dengan air, jangan lupa pula untuk segera mengeringkannya, ya. Hal ini dimaksudkan agar kulit yang lembap tidak mudah menimbulkan iritasi.
  5. Sebaiknya jangan gunakan sabun pembersih. Tidak sedikit dari kita yang menggunakan sabun khusus untuk membersihkan daerah kewanitaan. Padahal sebaiknya tidak usah lakukan hal tersebut. Pasalnya, menggunakan sabun untuk membersihkan area kewanitaan malah bisa membunuh bakteri baik. Tidak hanya itu, memilih sabun yang salah juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit.

Itu dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah iritasi pada kulit. Semoga membantu, ya!

mediaLAINNYAmasa menstruasi,menstruasiAda beberapa hal yang sering kita alami. Mulai dari perut yang terasa nyeri, keinginan untuk makan yang bertambah meski tidak sedang meminum ekstrak kunyit, hingga mengalami iritasi kulit di area paha. Namun demikian, hal-hal tersebut bukannya tidak bisa diatasi. Kita bisa kok mengatasinya dengan cara mudah: kalau kulit kita...Media kumpulan artikel informasi dan tips