Baiknya Ibu Tidak Konsumsi Makanan Ini Saat Menyusui

Selama periode menyusui, Ibu memang sangat disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat untuk Ibu menyusui. Misalnya seperti; daging sapi, bayam, telur, ikan salmon, alpukat, brokoli, dan tidak lupa meminum susu ibu menyusui. Alasannya, makanan sehat tersebut dapat menunjang perkembangan otak bayi serta dapat mencegah munculnya radikal bebas yang bisa membahayakan kesehatan bayi.

Meskipun demikian, apakah ada makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu menyusui saat memberikan asupan air susu kepada bayi? Dan jika ada mengapa makanan tersebut dilarang? Langsung cari tahu jawabannya disini yuks, Bu!

  1. Makanan setengah matang. Dulu, saat hamil, Ibu pasti dilarang untuk mengonsumsi makanan
    ibu menyusui

    ibu menyusui

    setengah matang, karena makanan ini bisa membahayakan janin di dalam rahim dan berisiko melahirkan bayi cacat. Nah, larangan tersebut masih berlaku loh hingga menyusui. Kok, bisa? Ini diakibatkan karena makanan setengah matang mengandung bakteri jahat seperti salmonella yang sangat berbahaya untuk kesehatan bayi.

  2. Makanan berpestisida. Saat menyusui Ibu baiknya tidak mengonsumsi makanan berpestisida tinggi yang biasanya terkandung di dalam sayuran dan buah-buahan. Mengapa? Alasannya, tentu senyawa pestisida ini berisiko mengganggu proses tumbuh kembang bayi. Di samping itu, pestisida pun dapat mengakibatkan kemampuan berpikir bayi malah mengalami penurunan. Untuk itu, janganlah konsumsi makanan berpestisida ini pada masa menyusui.
  3. Makanan pedas. Ibu suka dengan makanan pedas? Alangkah baiknya makanan ini tidak dikonsumsi ketika menyusui. Sebab, tetap mengonsumsi makanan jenis ini saat menyusui, maka dapat mengakibatkan terganggunya pencernaan bayi. Dan terkadang makanan pedas pun dapat membuat perut bayi sakit dan bahkan kembung. Maka dari itu, kurangilah pengonsumsian makanan pedas ketika menyusui ya, Bu!
  4. Makanan berpengawet. Pastikan Ibu tidak konsumsi makanan berpengawet ketika menyusui. Karena apa? Makanan yang mengandung pengawet ini dapat mengganggu kesehatan bayi. Dan jika makanan ini sudah menumpuk di tubuh bayi, maka lama-kelamaan bisa memunculkan kanker. Melihat ini, tentu sangat berbahaya sekali bukan jika Ibu tetap mengonsumsinya saat menyusui?

Itulah makanan yang baiknya tidak dikonsumsi selama menyusui, karena dapat mengganggu kesehatan tubuh bayi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Ibu, ya! –SH–