Gergaji merupakan salah satu alat industri pertukangan yang hampir selalu ada di setiap rumah. Bagaimana tidak, gergaji ini memiliki fungsi yang sangat beragam dan sangat fungsional sehingga setiap rumah paling tidak memilikinya satu untuk berjaga-jaga. Gergaji sendiri memiliki berbagai macam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Hanya saja, mau sepertiĀ  apa pun jenisnya, fungsi utama dari gergaji adalah sama yakni untuk memotong.

Agar bisa memotong dengan cepat dan tanpa kesulitan, mata pisau dari gergaji haruslah selalu tajam. Namun, bagi Anda yang jarang menggunakan gergaji dalam keseharian, menjaga mata pisaunya untuk tetap tajam tentulah sulit. merawat gergajiSebab, gergaji akan disimpan dalam waktu yang lama dan seiring berjalannya waktu tingkat ketajamannya pun berkurang dan gergaji akan tumpul. Tentunya, Anda tidak ingin menemukan fakta bahwa gergaji Anda sudah tidak bisa dipakai lagi ketika hendak menggunakannya untuk memotong sesuatu, bukan?

Lantas, bagaimana cara merawat gergaji agar tidak mudah berkarat dan tetap tajam?

  1. Tutupi gerigi gergaji dengan pelindung. Jangan biarkan gergaji berada di suhu ruang tanpa pelindung apa pun karena bisa menimbulkan karat. Manfaatkan penutup khusus gergaji dan jika tidak ada, bisa gunakan plastik atau koran untuk menutupinya. Selain menjaga mata pisau, hal ini juga dilakukan untuk menghindarkan anak-anak dari bahaya.
  2. Simpan gergaji dengan cara digantung atau disimpan di satu tempat yang tidak bercampur dengan perkakas lain. Hindari menyimpan gergaji dalam satu toolbox dan membuat gergaji bergesekan dengan besi-besi lain karena itu bisa mengurangi ketajamannya.
  3. Selama beberapa bulan sekali, asah mata gergaji agar tetap terjaga ketajamannya. Jangan lupa juga gunakan cairan antikarat agar mata pisau terhindar dari kemungkinan karat. Hal ini bisa membantu Anda untuk merawat gergaji dan membuatnya tidak tumpul meski tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.
  4. Dan yang terpenting, gunakan gergaji sesuai fungsinya. Hindari memotong benda-benda keras seperti besi, kayu, atau batu sekalipun.

Nah, itu dia empat langkah yang bisa diterapkan untuk menjaga agar gergaji tetap tajam. Semoga membantu, ya!

mediaUncategorizedalat industri,merawat gergajiGergaji merupakan salah satu alat industri pertukangan yang hampir selalu ada di setiap rumah. Bagaimana tidak, gergaji ini memiliki fungsi yang sangat beragam dan sangat fungsional sehingga setiap rumah paling tidak memilikinya satu untuk berjaga-jaga. Gergaji sendiri memiliki berbagai macam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda. Hanya saja, mau sepertiĀ ...Media kumpulan artikel informasi dan tips