GERD merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang lambung akibat produksi asam lambung berlebih Itulah sebabnya, mengatasi penyakit ini dengan mengonsumsi obat sebagai cara menurunkan asam lambung akan menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, GERD juga terjadi akibat tidak bekerjanya otot LES. Otot LES sendiri aadalah sebuah otot yang berfungsi sebagai pintu otomatis. Otot ini akan terbuka saat ada makanan dan minuman yang masuk dan kemudian kembali menutup untuk mencegah makanan dan minuman tersebut naik

gerd
gerd

kembali. Selain itu, juga untuk mencegah asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan.

Biasanya, GERD akan diatasi dengan mengonsumsi obat untuk mengatasi produksi asam lambung yang berlebih dan juga pengubahan gaya hidup. Seperti menghindari berbagai makanan yang dapat memicu kenaikan produksi asam lambung dan juga membuat otot LES tidak bekerja normal, seperti makanan pedas dan cokelat. Dokter juga akan menyarankan pada penderita GERD untuk tidak berbaring setelah makan karena dapat semakin memperparah kondisi tersebut.

Sayangnya, meskipun masalah GERD ini sudah dapat teratasi dengan baik, terkadang ada satu efek yang masih dirasakan oleh penderitanya, yaitu iritasi kerongkongan. Yap, pada saat GERD terjadi, asam lambung yang naik ke kerongkongan dapat mengiritasi bagian tersebut. Apalagi jika GERD tidak segera diatasi dengan baik, maka iritasi yang terjadi bisa cukup parah. Bahkan pada beberapa kasus bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker kerongkongan.

Meskipun begitu, Anda bisa mengatasinya dengan:

  • Banyak minum air putih
  • Konsumsi obat anti radang
  • Kumur dengan air garam
  • Cukupi istirahat

Biasanya saat Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mengobati GERD, dokter akan meresepkan Anda obat anti radang untuk mengatasi masalah tersebut. Ada baiknya jika Anda mengonsumsinya secara rutin hingga rasa sakit pada tenggorokan tersebut hilang. Selain itu, pastikan untuk mencukupi minum air putih untuk menjaga agar kerongkongan tidak kering. Sebab, dalam kondisi kerongkongan yang teriritasi, kondisi kering dapat semakin memperparah rasa sakit yang dirasakan. Jika masalah iritasi pada kerongkongan ini masih belum selesai setelah sekian lama, maka Anda sebaiknya mengonsultasikan masalah tersebut ke dokter untuk mendapat penangan lebih lanjut. (Vita)

mediaINFO KESEHATANKESEHATANciri gerd,gerdGERD merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang lambung akibat produksi asam lambung berlebih Itulah sebabnya, mengatasi penyakit ini dengan mengonsumsi obat sebagai cara menurunkan asam lambung akan menjadi pilihan yang tepat. Selain itu, GERD juga terjadi akibat tidak bekerjanya otot LES. Otot LES sendiri aadalah sebuah otot yang...Media kumpulan artikel informasi dan tips