Kegiatan pinjam meminjam memang menjadi hal umum di masyarakat. Apalagi saat ini semakin banyak juga orang yang rela mengajukan pinjaman hanya demi memenuhi kebutuhan gaya hidupnya. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan mulai banyak muncul lembaga tempat peminjaman uang, salah satunya pinjaman online.

Pinjaman online sebenarnya mirip dengan pinjaman yang ditawarkan oleh lembaga keuangan non bank. Namun,

kamu tidak perlu repot pergi ke mana pun saat ingin nmengajukan pinjaman karena semua aktivitas dilakukan dengan memanfaatkan teknologi internet. Kamu hanya perlu membuka situs yang menyediakab jasa ini, mengisi data sesuai dengan yang diminta, dan tunggu sampai pengajuan pinjamanmu diterima. Sangat praktis sekali, bukan?

Yap, jika dilihat dari kepraktisannya, jelas saja pinjaman dengan cara ini sangat unggul. Meskipun begitu, cukup banyak yang masih merasa ragu untuk mengajukan pinjaman di sini karena beberapa alasan berikut:

  • Bunga pinjaman

Cukup banyak situs pinjaman online yang berlaku seperti rentenir. Meminjamkan uang dengan cara yang mudah dan proses kerja yang cepat, namun memberikan bunga yang sangat tinggi. Akibatnya, bukannya pinjaman ini membantumu, justru akan membuatmu semakin mengalami kesulitan keuangan. Hal ini disebabkan, banyaknya lembaga pinjaman online yang tidak terdaftar dalam OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Akibatnya mereka tidak memiliki keterikatan untuk memberikan bunga pinjaman sesuai dengan aturan yang ditetapkan Bank Indonesia.

  • Keamanan data

Pada saat kamu mengajukan pinjaman, kamu pasti akan mengisi data diri kamu secara detail. Hal inilah yang membuat mereka merasa takut karena risiko penjualan data. Padahal, mengisi dengan data yang tidak detail tentunya akan membuat pengaajuan kreditmu tidak diterima. Jadi serba salah, kan?

Sebenarnya, ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kedua hal tersebut agar kamu tetap bisa mengajukan pinjaman dengan aman, yaitu dengan memilih situs pinjaman online yang tepat. Mungkin kamu bisa mencari referensi dari kerabatmu yang pernah menggunakannya atau membaca review dari internet. Atau, jika kamu masih belum yakin juga, kamu bisa coba untuk mengunjungi kantor dari situs pinjaman tersebut di lokasi yang paling terdekat dengan tempatmu berada. Memang sih, mungkin cara tersebut akan terasa merepotkan. Namun, jikaa hal tersebut bisa membantumu agar tetap aman, kenapa tidak? (Vita)

mediaEkonomiKegiatan pinjam meminjam memang menjadi hal umum di masyarakat. Apalagi saat ini semakin banyak juga orang yang rela mengajukan pinjaman hanya demi memenuhi kebutuhan gaya hidupnya. Kondisi seperti inilah yang menyebabkan mulai banyak muncul lembaga tempat peminjaman uang, salah satunya pinjaman online. Pinjaman online sebenarnya mirip dengan pinjaman yang ditawarkan...Media kumpulan artikel informasi dan tips