Menurunkan berat tidak harus menjadi sesuatu yang memberatkan dengan berbagi aktivitas olahraga yang mahal. Ya, olahraga bisa menjadi hal yang mahal, karena biasanya pasti membutuhkan baju training, sepatu khusus untuk lari, biaya keanggotaan gym yang lumayan mahal, hingga banyak waktu terbuang yang dihabiskan untuk berlari di treadmill atau mengangkat beban di gym. Padahal, ada cara menurunkan berat badan yang aman dan mudah tanpa harus berolah raga, apa saja itu?

Akupuntur dan herbal

Tujuan dari akupuntur adalah untuk menyeimbangkan sistem organ tertentu agar tubuh menjadi lebih sehat. Akupuntu sendiri telah digunakan untuk menurunkan berat badan sejak lama yang membantu metabolisme serta produksi energi dalam tubuh. Untuk melengkapi akupuntur ini biasanya digunakan juga obat-obatan herbal dari negeri Tiongkok. Untuk ramuan herbal ini  tentu tidak sembarangan, setiap orang memerlukan ramuan yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya.

Tidur

Ya, Anda tidak salah baca, tidur merupakan salah satu cara menurunkan berat badan. Ketika Anda tidur, tubuh Anda bekerja untuk mengatur sistem dan memperbaiki segala kerusakan yang terjadi pada tubuh setelah bekerja seharin. Sistem pencernaan Anda pun bekerja keras untuk  mencerna makanan, memetabolisme karbohidrat, serta memecahkan lemak. Beberapa penelitian menghubungkan kurang tidur dengan masalah berat badan. Kurang tidur dapat menyebabkan produksi cortisol dan insulin. Cortisol adalah hormone yang bekerja untuk mengatur metabolism kadar lemak, gula, protein, mineral, dan air dalam tubuh. Sedangkan kenaikan insulin dalam tubuh juga diklaim akan mempersulit usaha Anda untuk menurunkan berat badan.

Minum Susu

Penelitian pada Institu Nutrisi di Universitas Tennessee menyebutkan bahwa dengan menambahkan 3 porsi susu pada diet rendah kalori dapat membantu penuruna badan. Hal ini karena perpaduan antara kalsium dan produk susu dapat membantu mempercepat proses metabolism yang akhirnya meningkatkan pembakaran lemak Anda. Sebaiknya pilih susu organik.

Menjadi Relawan

Entah membantu membersihkan sampah di pantai, membantu membuat jalanan/jembatan di desa terpencil, menjadi perawat di panti Jompo, menjadi guru bantu untuk anak-anak di daerah kumuh dan lain sebagainya merupakan kegiatan sosial yang membuat Anda melakukan sesuatu di luar daerah nyaman Anda serta membantu orang lain. Nilai plusnya adalah, kegiatan ini juga bisa membantu Anda menurunkan berat badan Anda.

Rempah-rempah

Cobalah mulai untuk menggunakan bawang putih lebih banyak pada makanan Anda. Penelitian menyebutkan orang-orang yang kelebihan berat badan dan menambahkan rerempahan dan mengurangi penggunaan garam serta kalori pada makanannya dapat menurunkan berat badan hingga 15 kilogram selama 6 bulan. Ini dikarenakan, ketika makanan terasa lebih enak, orang akan merasa kenyang lebih cepat dan tidak akan makan secara berlebihan. Beberapa rerempahan yang patut dicoba adalah, bawang merah, bawang putih, dan cabai. Dan cobalah hindari menggunakan garam yang bisa menambah berat badan.

Tertawa

Tertawa merupakan obat paling ampuh. Tidak hanya mampu menenangkan syaraf, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta memecahkan ketegangan, namun juga bisa membakar kalori. Bagaimana bisa? Tertawa ternyata sama saja dengan latihan Kardiovaskular alami dari dalam tubuh Anda, dengan cara meningkatkan detak jantung dan sirkulasinya, serta dapat membentuk otot perut Anda.  Dr. William Fry dari Universitas Stanford mengatakan tertawa dengan keras sebanyak 5 kali sehari sama saja dengan menggunakan mesin rowing selama 10 menit. Selain itu, 10-15 menit tertawa bisa membakar kalori sebanyak 50 kalori.

Jadi, menurunkan berat badan bukan merupakan hal yang sulit kan?

mediaLAINNYAMenurunkan berat tidak harus menjadi sesuatu yang memberatkan dengan berbagi aktivitas olahraga yang mahal. Ya, olahraga bisa menjadi hal yang mahal, karena biasanya pasti membutuhkan baju training, sepatu khusus untuk lari, biaya keanggotaan gym yang lumayan mahal, hingga banyak waktu terbuang yang dihabiskan untuk berlari di treadmill atau mengangkat...Media kumpulan artikel informasi dan tips