Sistem Pelayanan Kesehatan, misalnya asuransi kesehatan yang baik sangat penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat suatu negara hal ini juga harus didukung oleh berbagai system yang mendukungnya. Sistem tersebut terbentuk dari subsistem (input, proses, output, dampak, umpan balik & lingkungan) yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi.

Berikut ini adalah 10 negara yang mempunyai Sistem Pelayanan Kesehatan terbaik di dunia. Kriteria penilaian berdasarkan pada

tingkat kematian, tingkat harapan hidup dan juga kemudahan aksesibilitas tempat kesehatan yang disediakan.

Swiss

Menurut majalah Forbes, 99,5% dari Warga Swiss sudah memiliki asuransi kesehatan. Hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah yang sudah ada disana. Warga negara yang tidak dapat mengakses asuransi kesehatan swasta, pemerintah akan memberikan dana subsidi, hal ini mencegah setiap warga negara menghabiskan lebih dari 10%

pelayanan kesehatan
pelayanan kesehatan

pendapatan mereka pada perawatan kesehatan. Setiap orang harus memiliki persyaratan minimal untuk perawatan kesehatan.Dan hal ini sangat didukung oleh kebijakan pemerintah. Studi Harvard mengidentifikasi bahwa pemerintah Swiss menghabiskan 11,4% dari Produk Domestik Bruto mereka untuk Masalah kesehatan.  Jumlah ini lumayan tinggi mengingat besarnya PDB negara Swiss dibagi dengan jumlah penduduknya

Prancis

Sistem pelayanan kesehatan di Prancis membuat Warga negara Prancis dapat menikmati perawatan kesehatan universal yang didanai oleh pemerintah melalui pajak penghasilan. Sekitar 75% dari biaya kesehatan ditanggung oleh pemerintah.

Italia

Dinegara ini asuransi kesehatan wajib dimiliki oleh setiap warga. Pengusaha disana diminta untuk membayar asuransi kesehatan bagi karyawannya. Jika seseorang tidak dapat mengakses perawatan kesehatan diprivatisasi, mereka dapat mengajukan permohonan rencana pengelolaan kesehatan oleh negara. Semua perawatan berkaitan kesehatan, termasuk obat-obatan, rawat jalan hingga perawatan gigi, disubsidi juga oleh negara.

Swedia

di Negara Swedia Semua penduduk memiliki akses dan hak yang sama untuk perawatan kesehatan. Sistem ini didanai dari pembayar pajak dan sudah terdesentralisasi. hal tersebut mampu mengingkatkan harapan hidup hingga 79 tahun untuk pria dan 83 tahun untuk wanita pada 2008. Tanggung jawab terhadap sistem perawatan kesehatan terletak pada pemerintah federal, dewan daerah dan pemerintah kota. Dan apabila ada pegawai sakit hingga tidak bisa bekerja, majikan akan membayar upah sampai 14 hari.

Taiwan

Pada tahun 1995,perawatan kesehatan universal sudah diterapkan. Semua warga yang dilindungi oleh asuransi, dibayar oleh pemerintah. Negara itu mampu memotong biaya sementara masih meliputi 40% dari populasi ketika pertama kali memperkenalkan reformasi. Mereka juga menggunakan Smart Card, yang mensyaratkan semua informasi tentang sejarah medis pasien.

 Jerman

Negara ini memiliki Sistem Pelayanan Kesehatan universal tertua di dunia, sejak 1883 di era Bismarck. pada awalnya, system kesehatan ini diterapkan untuk keluarga yang berpenghasilan rendah dan karyawan tertentu, tetapi saat ini sudah ditawarkan kepada hampir semua penduduk.

Norwegia

Semua orang yang tinggal di Norwegia bisa menggunakan Sistem Pelayanan Kesehatan yang didanai dari uang pajak. Penduduk Norwegia juga dapat menggunakan asuransi dari pihak swasta. Sistem Kesehatan yang dipakai Norwegia juga memungkinkan pasien melihat daftar dokter pemerintah yang bisa dipilih.

mediaINFO KESEHATANKESEHATANAsuransi kesehatan,Kriteria Sistem Pelayanan Kesehatan,Sistem Pelayanan KesehatanSistem Pelayanan Kesehatan, misalnya asuransi kesehatan yang baik sangat penting untuk meningkatkan kesehatan masyarakat suatu negara hal ini juga harus didukung oleh berbagai system yang mendukungnya. Sistem tersebut terbentuk dari subsistem (input, proses, output, dampak, umpan balik & lingkungan) yang saling berhubungan dan saling mempengaruhi. Berikut ini adalah 10 negara...Media kumpulan artikel informasi dan tips