Tegal merupakan sebuah kota yang terletak di jalur pantai utara dan terkenal dengan kulinernya yang menawan. Di Kota Tegal, Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan yang bisa membawa Anda untuk menjelajahi pengalaman kuliner yang tidak terlupakan. Dimulai dari kupat bongkok hingga sega langgi, atau nasi bogana hingga grombyang. Berikut ini adalah daftar kuliner Tegal yang wajib Anda cicipi, dilansir dari website informasi tegal yang dibuat oleh masyarakat lokal.

  1. Kupat Bongkok. Makanan ini merupakan menu sarapan yang paling laris di Kota Tegal. Masyarakat tegal biasa menyantap makanan ini karena rasanya yang gurih dan porsinya yang membuat perut penuh. Kupat Bongkok biasa disajikan dalam mangkuk besar yang penuh dengan potongan lontong kemudian disiram dengan kuah santan yang gurih. Topping-nya sendiri adalah tauge rebus, sambal goreng tempe, sayuran, dan kerupuk mie.
  2. Nasi Bogana. Terdiri atas nasi putih, lauk kari, opor ayam, serundeng, oseng buncis, dan oseng tempe. Biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dilengkapi dengan sambal dan potongan telur. Cara memakannya adalah dengan mencampur semua komponen itu menjadi satu. Rasanya sangat enak dan harganya ramah di kantung.
  3. Sega Langgi. Dulu, kuliner ini hanya ada di pesta pernikahan khas Tegal, namun sekarang ini sega langgi dapat ditemukan di rumah makan tradisional. Sega langgi terdiri atas ayam goreng kampung, sambal goreng tempe, telur dadar yang diiris tipis, ikan asin, dan kacang panjang yang dioseng dengan bumbu kelapa. Kuliner ini bisa ditemukan di rumah makan yang tersebar di kota Tegal.
  4. Soto Tauco. Mungkin bagi para pendatang yang tidak terbiasa memakan tauco, kuliner ini akan terdengar asing. Namun kenyataannya, kuliner ini merupakan kuliner yang harus Anda cicipi ketika mengunjungi Tegal. Soto Tauco berisi tauge rebus, daun bawang, dan daging (ayam, sapi, atau babat). Yang menyegarkan adalah bumbu kuahnya yang terdiri atas campuran tauco dan rempah-rempah. Untuk rasa, Anda tidak perlu khawatir. Gurih!
  5. Merupakan jenis kuliner berkuah yang berbahan dasar daging sapi. Grombyang biasa disebut juga sebagai soto khas Pemalang. Penyajiannya cukup unik, yakni nasi hangat diletakkan di dalam mangkuk kemudian disiram dengan kuah gurih dan dicampur bersama potongan daging serta daun bawang.

Menarik bukan semua makanan khas Tegal tersebut? Karenaitu, pastikan untuk menyempatkan diri mencicipi beragam makanan tersebut saat berkunjung ke kota ini ya.

mediaLAINNYATegal merupakan sebuah kota yang terletak di jalur pantai utara dan terkenal dengan kulinernya yang menawan. Di Kota Tegal, Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan yang bisa membawa Anda untuk menjelajahi pengalaman kuliner yang tidak terlupakan. Dimulai dari kupat bongkok hingga sega langgi, atau nasi bogana hingga grombyang. Berikut...Media kumpulan artikel informasi dan tips