Mengganti oli mesin pada sepeda motor yang baik dan benar, tentu akan memberikan banyak manfaat kepada sepeda motor yang kita miliki. Bagaimana tidak, sepeda motor akan lebih awet, umurnya lebih panjang, tahan lama, jarang mengalami kerusakan, dan tentunya tetap prima saat di kendarai di jalanan yang mulus maupun tidak. Meskipun begitu, tapi terkadang banyak juga dari kita yang salah dalam mengganti oli mesin pada sepeda motor. Jika sudah salah dalam menggantinya, tidak menutup kemungkinan sepeda motor akan mengalami kerusakan parah yang mengharuskan kita membawanya ke bengkel. Terutama bagi kita yang memiliki sepeda motor metic. Eh, napa? Sepeda motor metic perlu oli khusus alias tidak bisa sembarangan. Jika sembarangan, bisa-bisa motor metic kita bisa lebih cepat rusak.

Nah, agar kita tidak melakukan kesalahan saat mengganti oli pada sepeda motor, maka membaca cara mengganti oli mesin sepeda motor

Oli motor
                                       Oli motor

yang baik dan benar sangat direkomendasikan sekali untuk kita. Yuks, check it out:

  1. Meletakkan Wadah Penampung di Bagian Bawah Sepeda Motor

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat mengganti oli mesin pada sepeda motor yaitu meletakkan wadah penampung di bagian bawah sepeda motor. Hal ini bertujuan untuk menampung oli lama yang keluar dari sepeda motor. Wadah penampung yang digunakan pun boleh beragam macam misalnya kaleng biskuit, dirigen bensin bekas yang sudah di potong, dan lainnya. Saat meletakkan wadah penampung, pastikan wadah tepat berada di tempat keluarnya oli pada sepeda motor.

2. Mengendurkan Baut Oli Mesin Pada Sepeda Motor

Setelah meletakkan wadah penampung, maka selanjutnya yang kita lakukan adalah mengendurkan baut oli mesin yang terdapat pada sepeda motor. Saat mengendurkan baut, gunakanlah obeng yang pas dengan baut pada sepeda motor, dan putar baut searah jarum jam. Apabila baut oli sudah terbuka bersama dengan penutup mesin, tiba-tiba oli lama yang ada di dalam sepeda motor akan keluar dengan sendirinya. Tunggu oli keluar semua, lalu tutup kembali dengan baut agar udara tidak masuk.

3. Membersihkan Oli Lama yang Ada di Mesin Sepeda Motor

Apabila oli lama sudah keluar semua, lalu kita harus membersihkan oli lama yang masih tersisa di dalam mesin sepeda motor. Saat membersihkannya, gunakan tang untuk membuka penutup bagian atas mesin, kemudian bersihkan mesin.

4. Mengencangkan Baut di Bagian Bawah

Jika mesin oli lama sudah bersih, berikutnya kita harus mengencangkan baut yang terdapat di bagian bawah mesin oli sepeda motor. Pastikan, baut terpasang dengan sempurna dan kencang. Jika baut tidak terpasang dengan kencang atau sempurna, hanya akan mengeluarkan oli baru yang akan dimasukkan ke dalam mesin oli sepeda motor.

5. Memasukkan Oli Baru Pada Mesin Sepeda Motor

Terakhir, hal yang harus dilakukan yaitu memasukkan oli baru ke dalam mesin sepeda motor menggunakan alat bantu seperti torong. Apabila oli sudah masuk semua ke dalam mesin sepeda motor, maka selanjutnya kita tutup kembali penutup mesin oli sepeda motor.

Itulah beberapa cara mengganti oli mesin sepeda motor yang baik dan benar. Semoga Bermanfaat. –SH–

mediaMOTOROTOMOTIFcara ganti oli,ganti oli,oli motorMengganti oli mesin pada sepeda motor yang baik dan benar, tentu akan memberikan banyak manfaat kepada sepeda motor yang kita miliki. Bagaimana tidak, sepeda motor akan lebih awet, umurnya lebih panjang, tahan lama, jarang mengalami kerusakan, dan tentunya tetap prima saat di kendarai di jalanan yang mulus maupun tidak....Media kumpulan artikel informasi dan tips