Apakah Anda sering merasa sulit tidur atau tidak enak beraktivitas karena perut kembung? Perut kembung merupakan salah satu gejala masuk angin yang umum diderita oleh siapa saja, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan.

Perut kembung dapat terjadi jika saluran pencernaan dalam tubuh memiliki udara atau gas yang berlebihan. Salah satu penyebab perut kembung yang paling sering ditemui adalah karena masuk angin, apalagi di tengah cuaca yang tak menentu dan perubahan suhu serta kelembaban udara seperti sekarang yang membuat orang sering merasa tidak enak badan.

5 Cara Mengatasi Perut Kembung karena Masuk Angin

Lalu, bagaimana cara agar dapat kembali merasa sehat dan nyaman beraktivitas? Simak penjelasannya mengenai 5 cara mengatasi perut kembung karena masuk angin berikut.

1. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gas berlebih

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi tubuh adalah pola makan dan lifestyle sehari-hari. Jika kamu sering merasakan perut kembung, sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung kadar gas tinggi, seperti kol, kacang-kacangan, makanan berlemak atau kadar garam tinggi, dan minuman bersoda. Makanan dan minuman tersebut dapat memicu gas berlebih dalam perut yang berdampak negatif terhadap tubuh.

2. Makan dalam jumlah sedikit namun sering

Walau aktivitas segudang dan kesibukan yang seolah mengejar, pastikan untuk tidak telat makan dan selalu mengisi tubuhmu dengan makanan terlebih dahulu sebelum beraktivitas ya. Sebaiknya hindari jarang makan dan langsung banyak sekaligus, atau makan cepat untuk mengejar waktu.

Akan lebih baik jika makan dalam frekuensi yang lebih sering namun dalam porsi yang lebih sedikit, terutama untuk penderita maag. Selain itu, biasakan kunyah makan hingga benar-benar hancur dan tidak makan terlalu cepat.

3. Mengompres perut dengan handuk hangat

Kompres perut dengan handuk hangat dapat menjadi salah satu cara mengatasi perut kembung masuk angin. Sebab, cara ini mampu membuat otot-otot di saluran pencernaan menjadi lebih rileks dan membantu mengurangi ketidaknyamanan ketika perut kembung.

4. Minum herbal untuk masuk angin

Salah satu upaya untuk menghilangkan perut kembung adalah dengan minum obat masuk angin, seperti Tolak Angin. Terbukti aman dikonsumsi pria dan wanita, Tolak Angin ampuh mencegah dan mengatasi gejala-gejala masuk angin, salah satunya perut kembung ini.

Minum Tolak Angin

Selain itu, Tolak Angin terbukti meningkatkan daya tahan tubuh dengan khasiat terbaik jika dikonsumsi 2 sachet per harinya, setelah lulus pengujian oleh Fakultas Kedokteran Universitas Dipenogoro pada tahun 2002.

5. Konsultasi ke dokter jika gejala perut kembung semakin sering dirasakan

Jika segala upaya sudah ditempuh namun kamu masih sering merasakan perut kembung dalam waktu lama dan intensitas tinggi, segera pergi ke dokter untuk menemukan penyebabnya.

Segera ke dokter apalagi jika perut kembungmu disertai dengan gejala lain seperti:

  • Nyeri dada dan nyeri perut yang sangat menyerang
  • Tidak nafsu makan
  • Diare
  • Pendarahan saat buang air besar atau warna feses yang berbeda dari biasanya

Sebab, perut kembungmu adalah gejala penyebab penyakit pencernaan lainnya.

Itu dia cara mengatasi perut kembung masuk angin. Untuk mencegah kamu merasakan perut kembung, lakukan olahraga ringan, jangan biasakan menunda buang air, biasakan tidak berbicara ketika sedang makan, dan selalu sedia Tolak Angin di tas ataupun di rumah sebagai alternatif pertama ketika perut kembung datang menyerang.

Tolak Angin bisa dibeli online via website resmi Sido Muncul di www.sidomunculstore.com atau Official Store Sido Muncul di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada dan JD.id.

Pilih yang punya bukti ilmiah, orang pintar minum Tolak Angin.

http://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2021/08/5-Cara-Mengatasi-Perut-Kembung-karena-Masuk-Angin.jpghttp://www.mediaartikel.com/wp-content/uploads/2021/08/5-Cara-Mengatasi-Perut-Kembung-karena-Masuk-Angin-290x163.jpgpipip pipipINFO KESEHATANmasuk angin,mengatasi perut kembung,tips kesehatanApakah Anda sering merasa sulit tidur atau tidak enak beraktivitas karena perut kembung? Perut kembung merupakan salah satu gejala masuk angin yang umum diderita oleh siapa saja, baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan. Perut kembung dapat terjadi jika saluran pencernaan dalam tubuh memiliki udara atau gas yang berlebihan. Salah...Media kumpulan artikel informasi dan tips