Setiap orang memiliki tujuan tersendiri ketika liburan. Ada yang hendak melepaskan stress, memanfaatkan waktu luang, ingin menyepi dari kehidupan ibukota, dan masih banyak lagi. Terlepas dari semua alasan tersebut, ada satu persamaan yang pastinya dilakukan semua orang ketika liburan: berfoto. Ya, foto merupakan sesuatu yang kita lakukan, disadari atau tidak, ketika berlibur. Dan untuk menghasilkan foto yang bagus saat liburan, kita pun akan

foto instagram

membawa kamera super canggih. Padahal, terlepas dari gadget yang kita bawa, entah itu kamera mirrorless atau bahkan kamera dari merk handphone terbaik, yang paling berpengaruh adalah cara kita mengabadikan gambar itu sendiri.

Berikut adalah tips dan trik yang bisa dilakukan agar foto ketika liburan terlihat bagus:

1.Cari tahu tentang lokasi wisata sebanyak-banyaknya

Sebelum bepergian, luangkan waktu beberapa saat untuk mengeksplorasi tempat wisata yang akan kita datangi melalui internet. Eksplorasi ini bisa dilakukan melalui sosial media, bertanya pada kerabat yang sudah pernah datang ke sana, atau semata hanya mengandalkan Google Images saja. Dari pengumpulan informasi ini, kita bisa tahu spot foto apa saja yang ada di sana, tempat apa yang harus dikunjungi, dan sudut lokasi mana yang biasa dijadikan sebagai background Bahkan, dengan melakukan hal ini, seringnya kita bisa mendapat inspirasi tentang foto seperti apa yang ingin kita abadikan. Jangan sampai ketika datang ke lokasi wisata, kita menjadi gagap sendiri karena tidak tahu apa yang ingin dilakukan.

2. Manfaatkan cahaya

Cahaya adalah segalanya. Dengan bantuan cahaya matahari, foto yang biasa saja pun akan terlihat luar biasa. Untuk itu, pemanfaatkan sinar matahari dan pengambilan gambar untuk foto merupakan kunci utamanya. Tentukan waktu pengambilan gambar, apakah ingin pagi hari, siang, atau malah sore hari. Dan satu hal yang paling penting, perhatikan posisi objek foto dan juga cahaya mataharinya. Pastikan sinar matahari menghadap ke objek foto agar gambar yang dihasilkan lebih hidup dan juga lebih terang secara natural. Agar lebih menarik, boleh juga sesekali memanfaatkan bayangan atau membentuk foreshadow pada foto.

3. Sentuhan Artistik

Jangan lupa memberikan sentuhan artistik dengan bantuan aplikasi editing foto. Terlepas dari penggunaan kamera, entah kita menggunakan kamera digital atau hanya menggunakan ponsel, aplikasi edit foto ini sangat bermanfaat sekali, lho. Sebab aplikasi ini bisa membantu kita untuk memberikan tone tertentu pada foto, atau memperbaiki foto di beberapa segmen. Bisa dari segi ketajaman, lighting, hingga sekadar crop atau Aplikasi editing foto yang banyak digunakan adalah VSCO, Snapseed, dan juga Afterlight. Kita bisa mencoba salah satunya atau malah memadankan ketiganya untuk menghasilkan foto yang menawan.

4. Perhatikan latar belakang

Selama berfoto di tempat wisata, sure enough, setiap orang pastinya ingin terlihat menarik. Ada satu kunci yang bisa membuat kita terlihat bagus ketika di foto, yaitu memerhatikan latar belakang fotonya. Latar belakang foto atau background bisa berupa lanskap pemandangan di tempat wisata atau bahkan sekadar bangunan ikonik tentang tempat tersebut. Keberadaan background ini memberikan sentuhan tersendiri pada foto kita dan pastinya akan memberikan perspektif yang lebih luas.

Semoga tips di atas bisa membantu kita untuk menghasilkan foto yang menarik. Selamat berlibur dan hunting foto, ya!

mediaGADGETTEKNOedit foto,foto bagus,foto instagramSetiap orang memiliki tujuan tersendiri ketika liburan. Ada yang hendak melepaskan stress, memanfaatkan waktu luang, ingin menyepi dari kehidupan ibukota, dan masih banyak lagi. Terlepas dari semua alasan tersebut, ada satu persamaan yang pastinya dilakukan semua orang ketika liburan: berfoto. Ya, foto merupakan sesuatu yang kita lakukan, disadari atau...Media kumpulan artikel informasi dan tips