Sudah bukan rahasia lagi bahwa merokok merupakan salah satu penyebab penyakit pernafasan yang berbahaya. Penyakit yang disebabkan rokok ini bukan hanya menyerang mereka yang merupakan perokok pasif namun juga perokok pasif, atau mereka yang tidak merokok namun secara tidak sengaja menghirup asap rokok. Karena itulah saat ini pemerintah mulai melarang menghisap rokok di tempat umum.

Berikut ini adalah 4 jenis penyakit paru-paru yang disebabkan oleh rokok, di antaranya:

Bronkitis

Bronkitis adalah iritasi atau gangguan pada saluran udara atau bronkus. Penyakit yang menyerang paru-paru ini menyebabkan peradangan atau inflamasi pada membran mukus pada bronkus. Bronkus adalah saluran udara yang membawa udara dari trakea atau batang tenggorokan ke paru-paru.

Penyakit ini terjadi dikarenakan penderita menghisap asap rokok atau tembakau secara terus menerus. Sehingga bronkus menghasilkan respon peradangan dan lendir yang berlebih. Lendir yang terjadi ini tidak bisa dihilangkan secara alami karena silia atau rambut halus pada lapisan mukus yang rusak. Ini kemudian menyebabkan penderita mengalami batuk yang mendorong dahak/lender tersebut hingga menghambat pernafasan (sesak nafas).

Pneumonia

Pneumonia merupakan penyakit atau peradangan paru-paru karena infeksi. Penyebab infeksi ini bisa disebabkan beberapa hal, misalnya saja bakteri, virus, parasit, dan jamur. Gangguan imunitas pada peru-paru yang sering disebabkan oleh merokok kemudian dapat mempermudah bakteri atau virus pneumonia untuk bertahan dan merusak jaringan paru-paru.

Emifisema

Adalah penyakit atau gangguan pernafasan di mana paru-paru mengalami pembengkakan karena udara yang masuk ke pembuluh darahnya. Ini dikarenakan adanya kerusakan pada dinding kantong udara atau alveolus.

Kerusakan dinding kantong udara ini dikarenakan zat-zat yang berbahaya pada asap rokok. Kerusakan yang semakin lama semakin parah ini kemudian menyebabkan kebocoran pada kantong udara paru-paru. Akibatnya, paru-paru tidak lagi bisa menampung dan menyalurkan udara segar secara sempurna, sehingga akan berpengaruh pada suplai oksigen ke seluruh tubuh. Penderita Emfisema ini biasanya memiliki dada yang berbentuk seperti tong, dengan otot leher yang tampak menonjol.

Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah penyakit pada saluran pernafasan yang disebabkan pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali pada paru-paru. Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang paling berbahaya dan mematikan yang diakibatkan oleh rokok. Penyakit ini tidak hanya menyerang organ paru-paru saja, namun juga dapat menyebar ke seluruh tubuh.

mediaLAINNYASudah bukan rahasia lagi bahwa merokok merupakan salah satu penyebab penyakit pernafasan yang berbahaya. Penyakit yang disebabkan rokok ini bukan hanya menyerang mereka yang merupakan perokok pasif namun juga perokok pasif, atau mereka yang tidak merokok namun secara tidak sengaja menghirup asap rokok. Karena itulah saat ini pemerintah mulai...Media kumpulan artikel informasi dan tips