Di tengah maraknya gerakan cashless di mana Anda ‘diharuskan’ menggunakan kartu e-money untuk menggantikan keberadaan uang, mulai dari membayar transjakarta, membayar tiket kereta, dan lain sebagainya, bisa dipastikan dompet Anda akan semakin menggembung dengan kehadiran kartu-kartu tersebut. Tidak bisa disangkal, keberadaan kartu-kartu ini memang semakin menjamur seiring dengan banyaknya tempat jual printer ID Card yang beredar di pasaran. Kini, bukan ID Card saja yang sudah memakai kartu bertekstur tebal, kartu e-money, kartu member, koleksi kartu Starbucks, hingga kartu khusus di pusat perbelanjaan pun sudah menggunakannya.

Namun demikian, tidak jarang ada rasa malas yang Anda rasakan ketika harus membawa banyak kartu secara bersamaan. Dompet terasa lebih tebal, lebih berat, dan tentunya terasa mengganggu. Untuk itu, terkadang Anda pun ‘sengaja’ meninggalkan kartu-kartu yang jarang terpakai di rumah. Eits, meskipun memberatkan setidaknya ada tiga jenis kartu yang harus selalu Anda bawa ke mana pun, lho. Ini dia

kartu
kartu

daftarnya.

  1. Kartu Identitas Diri. KTP, kartu mahasiswa, SIM, kartu karyawan, atau apa pun jenisnya. Kartu identitas diri merupakan jenis kartu yang menampilkan detail informasi tentang si pemilik kartu sehingga bisa menjadi alat identifikasi. Di dalam kartu tersebut biasanya tercantum foto, nama lengkap, dan juga alamat si pemilik. Kartu ini tidak boleh meninggalkan dompet Anda satu kali pun karena fungsinya sangat vital.
  2. Kartu kesehatan. Selalu selipkan kartu BPJS dan kartu asuransi di dalam dompet Anda karena kita tidak tahu kapan ada kejadian urgent Jangan sampai ada kejadian ketika Anda terjebak dalam sebuah kecelakaan namun karena kartu asuransi dan kartu kesehatan tidak terbawa, maka Anda diharuskan untuk menanggung semua biayanya. Jadi, selalu pastikan kartu ini ada di dalam dompet Anda, ya.
  3. Ini dia kartu yang tidak kalah pentingnya dengan dua jenis kartu di atas. Ketika bepergian, jangan pernah membiasakan diri membawa uang dalam jumlah besar karena tidak aman dan bisa memancing tindak kriminal. Untuk itu, bawa uang secukupnya dan simpan sisanya di dalam ATM. Kalau butuh, tinggal ambil saja di mesin ATM yang tersebar di banyak tempat.

Nah, setelah membaca artikel ini, jangan lupa untuk selalu membawa tiga jenis kartu di atas ya. (TR)

mediaLAINNNYAkartu kesehatan,ktp,tips jalan-jalanDi tengah maraknya gerakan cashless di mana Anda ‘diharuskan’ menggunakan kartu e-money untuk menggantikan keberadaan uang, mulai dari membayar transjakarta, membayar tiket kereta, dan lain sebagainya, bisa dipastikan dompet Anda akan semakin menggembung dengan kehadiran kartu-kartu tersebut. Tidak bisa disangkal, keberadaan kartu-kartu ini memang semakin menjamur seiring dengan banyaknya...Media kumpulan artikel informasi dan tips