Kepopuleran mobil limousine untuk kendaraan di event spesial, seperti pernikahan sudah tidak dipungkiri lagi. Namun selain mobil panjang ini populer untuk digunakan sebagai mobil untuk acara pernikahan, mobil panjang ini juga sering digunakan untuk mobil kepresidenan di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Mobil limousine sendiri banyak dipilih menjadi mobil kepresidenan karena berbagai alasan. Misalnya saja bodinya yang mewah atau dari segi kapasitasnya yang lebih lega dibandingkan mobil lainnya. Mobil limousine atau limo kepresidenan yang digunakan di berbagai negara ini biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya yang istimewa dan mungkin tidak akan ditemukan pada mobil limo biasa, apa saja itu?

Anti peluru dan ledakan

Fitur istimewa ini bisa dibilang merupakan fitur wajib yang harus ada di setiap mobil kepresidenan. Nyawa dan keselamatan seorang presiden suatu negara tentunya harus dijaga dan dilindungi. Fitur ini terbukti telah melindungi presiden pertama Indonesia, Soekarno, dari serangan teroris yang berusaha meledakkan mobilnya dengan menggunakan granat saat mengunjungi acara di sekolah salah satu putrinya, pada tahun 1957 lalu. Fitur anti peluru ini tidak hanya melapisi bagian bodi mobil, namun juga pada kaca, ban, dan bahkan pada tanki bahan bakarnya. Fitur ini juga ada di mobil yang digunakan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono, serta mobil kepresidenan Amerika Serikat yang dikenal dengan nama The Beast.

Ban anti bocor

Tidak sepenuhnya anti bocor memang, namun, ban untuk limo kepresidenan Indonesia menggunakan teknologi runflat yang didesain untuk tetap bisa berjalan hingga 60km meski tengah bocor. Tidak jauh berbeda dengan The Beast, mobil kepresidenan Barrack Obama, yang menggunakan ban dari bahan kevlar (bahan anti peluru) yang memungkinkannya untuk tetap melaju meski tanpa udara.

Peralatan keselamatan

Pada limo kepresidenan Amerika, terdapat berbagai peralatan keselamatan yang lengkap, bahkan hampir menyamai fitur mobil ambulance. Mulai dari tabung pemadam kebakaran, oksigen ekstra, hingga peralatan medis seperti kantung darah sesuai darah Presiden.

Selain tiga fitur tadi ada fitur lainnya yang tak kalah penting misalnya teknologi komunikasi yang canggih, kamera night vision pada grill depannya, serta sistem pengatur udara otomatis. Satu lagi yang tidak kalah pentingnya adalah pengemudi limo kepresidenan yang biasanya sudah dilatih khusus dan memiliki keahlian serta pengalaman mengendarai mobil yang mumpuni.

mediaLAINNYAKepopuleran mobil limousine untuk kendaraan di event spesial, seperti pernikahan sudah tidak dipungkiri lagi. Namun selain mobil panjang ini populer untuk digunakan sebagai mobil untuk acara pernikahan, mobil panjang ini juga sering digunakan untuk mobil kepresidenan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Mobil limousine sendiri banyak dipilih menjadi mobil kepresidenan karena...Media kumpulan artikel informasi dan tips