Ketika mendengar adanya 2 kehamilan, pasti orang akan langsung berpikir anak kembar. Apalagi bagi orangtua yang begitu menginginkan kehadiran anak kembar. Langsung deh membeli susu kehamilan terbaik lengkap dengan susu UHT untuk ibu hamil agar tetap bisa dikonsumsi meskipun sedang bepergian. Hal tersebut wajar, sebab kehamilan yang memiliki 2 janin memang pada umumnya adalah kehamilan kembar.

Namun pada kenyataannya, ada loh kehamilan yang terjadi bersamaan namun bukan kembar. Bahkan, pada beberapa kasus di negara lain yang membiarkan free sex, pernah terjadi dimana dua janin yang dikandung ternyata

masa kehamilan
masa kehamilan

memiliki ayah yang berbeda. Wah, agak gimana gitu ya?

Ada dua fenomena yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi, yaitu: (sc: babycenter)

  • Superfetation

Fenomena ini terjadi ketika seorang wanita mengeluarkan sel telur saat dirinya sedang hamil. Sel telur tersebut kemudian dibuahi dan terjadilah kehamilan kedua disaat kehamilan pertama berlangsung. Pada beberapa kasus jarak kedua kehamilan ini adalah sekitar 2 bulan. Tidak ada yang bisa mengetahui secara persis penyebab terjadinya fenomena ini dan memang sangat jarang sekali terjadi. Bahkan pemeriksaan awal akan mendeteksi kehamilan ini sebagai kehamilan kembar dan baru diketahui bahwa kedua janin memiliki usia berbeda saat sudah dilahirkan. Padahal hal ini cukup berbahaya bagi janin ke-2 karena usia janin tersebut belum cukup untuk dilahirkan.

  • Superfecundation

Pada fenomena ini, seorang wanita melepaskan dua sel telur dalam waktu yang bersamaan namun dibuahi dalam waktu berbeda. Misalnya ketika seorang wanita melakukan hubungan pada pagi hari dan sore hari. Kemudian salah satu sel telur dibuahi pada pagi hari dan pembuahan kedua terjadi pada sore hari. Hal ini akan menyebabkan dua janin berkembang, namun tidak ada perbedaan usia janin dalam fenomena ini. Hanya saja, fenomena inilah yang seringkali menyebabkan seorang wanita melahirkan bayi kembar namun beda ayah (pada wanita yang berhubungan dengan lebih dari satu pria).

Baik superfetation maupun superfecundation sebenarnya tidak ada yang berbahaya, jadi tidak perlu stres atau panik jika Anda mengalaminya. Anda hanya perlu mencari informasi bagaimana menjaga kehamilan kembar karena pada dasarnya sama saja. Namun untuk superfetation ada yang harus diperhatikan, yaitu adanya perbedaan usia janin sehingga membutuhkan perencanaan khusus untuk persalinannya. (Vita)

mediaIBU & ANAKKESEHATAN2 kandungan,2 kehamilan,masa kehamilanKetika mendengar adanya 2 kehamilan, pasti orang akan langsung berpikir anak kembar. Apalagi bagi orangtua yang begitu menginginkan kehadiran anak kembar. Langsung deh membeli susu kehamilan terbaik lengkap dengan susu UHT untuk ibu hamil agar tetap bisa dikonsumsi meskipun sedang bepergian. Hal tersebut wajar, sebab kehamilan yang memiliki 2...Media kumpulan artikel informasi dan tips